Berita Nasional Terpercaya

Mulai 10 April DKI Jakarta Berlakukan PSBB, Masyarakat Berharap #IndonesiaKembaliPulih

0

BERNAS.ID –  DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang mendapat persetujuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk penanganan virus corona (Covid-19) dari Menteri Kesehatan Terawan. PSBB yang diberlakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan efektif berlaku mulai Jumat, 10 April hingga 14 hari ke depan ataupun bisa diperpanjang. DKI Jakarta merupakan episentrumnya virus corona. 

“Kita semua sadari bahwa persoalan penyebaran COVID-19 membutuhkan kerja semua pihak untuk bisa mengendalikan penyebaran ini karena dari orang ke orang. Itu sebabnya interaksi antar-orang penting dibatasi,” terang Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (7/4/2020) kemarin.

Aturan PSBB telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dan diturunkan secara rinci pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Salah satunya adalah peliburan tempat kerja. 

Namun, terdapat pengecualian peliburan tempat kerja bagi instansi atau kantor yang memberikan pelayanan terkait kesehatan, pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, keuangan, komunikasi, industri dan kebutuhan dasar. 

Sementara itu, tagar #IndonesiaKembaliPulih pun ramai diserukan oleh masyarakat di Twitter. Ada harapan berlakunya PSBB bisa menekan penyebaran virus corona. Berikut cuitan netizen yang dihimpun Bernas.Id, Rabu (8/4/2020):

“Semoga #IndonesiaKembaliPulih membawa #KabarBaik bagi semua. Tetap optimis, sehat, jangan lupa sarapan di masa PSBB ini. Tetap cuci tangan dengan air dan sabun,” cuit @KlapperKoe

“Wajib Pakai Masker saat keluar rumah ! #IndonesiaKembaliPulih #IndonesiaMelawanCovid19,” tulis @dfrnm

“Tobat tobatin lah kerjaan lu yg ngerugiin bumi Dikit² mah gpp, yg penting jangan ngbangkang mulu dah. #IndonesiaKembaliPulih,” ungkap @iansharty_ (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.