Berita Nasional Terpercaya

DIY Belum Perlu Pembatasan Sosial Berskala Besar

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memutuskan tidak akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini disebabkan karena kondisi DIY belum memenuhi syarat untuk diterapkan PSBB seperti jumlah kasus CoViD-19 yang masih stabil dan tidak menunjukkan peningkatan signifikan.

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah memutuskan belum akan menerapkan PSBB dalam Pertemuan Gubernur DIY dengan Bupati/Wali Kota se-DIY dan Forkopimda DIY terkait Penanganan CoViD-19 di Dalem Ageng, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (08/04).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pun mengatakan keputusan tidak menerapkan PSBB tersebut telah menjadi kesepakatan bersama. “Kami bersama kabupaten/kota maupun Forkopimda tadi sudah sepakat belum waktunya kita menerapkan PSBB. Saya hanya akan mempersiapkan untuk lonjakan pemudik saja. Karena juga belum memenuhi syarat epidemologi maupun transmisi lokalnyajuga belum besar. Jadi (PSBB) belum perlu,” ujarnya.

Sri Sultan menyebut pada dasarnya DIY telah menerapkan esensi dari penerapan PSBB itu sendiri, selama merebaknya CoViD-19. Sebab, pengawasan kepada masyarakat pun langsung dilakukan bahkan sampai tingkat desa. “PSBB itu sebenarnya kan juga sudah dilakukan, hanya saja kita menggunakan istilah tanggap darurat. Sejak penetapan tanggap darurat, masyarakat mulai melakukan pembatasan mandiri,” ujar Sri Sultan. 

Meski telah diputuskan DIY belum akan menerapkan PSBB, Sri Sultan tetap meminta semua pihak untuk dapat memulai persiapan sehingga jika nantinya PSBB harus diberlakukan, bisa dilakukan segera dan tidak tergesa-gesa. Dengan kondisi yang telah terjadi di DlY saat ini, jika PSBB nantinya perlu dilakukan, tinggal dilakukan pengetatan pengawasan saja. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.