Berita Nasional Terpercaya

Inilah 5 Trik Jadi Penjual Online Handal di 2020

0

 

Bernas.id ? Tidak bisa dipungkiri bisnis online semakin merajai dari tahun ke tahun. Segala macam bisnis atau jualan bisa di-online-kan. Yang paling sederhana, seperti jualan sayur-mayur saja bisa lewat online.

 Pelaku jualan online bukan hanya orang yang sudah expert tentang digital marketing, tukang sayur kompleks pun sudah melek dengan jualan online. Tukang sayur membuat daftar harga barang kemudian dikirim di grup WA maka pembeli pun sudah mulai ramai memesan. Transaksi pun terjadi dengan cepat dan efektif.

Kamu tentu tidak mau kalah dengan tukang sayur bukan? Ikuti trik-trik berikut ini agar kamu jadi salah satu penjual online handal di tahun 2020.

1. Ikut Komunitas Penjual

Bergabunglah ke komunitas penjual online. Ada pepatah mengatakan bahwa berteman dengan penjual parfum kamu akan ikut wangi, begitu juga dengan berada di komunitas yang tepat. Dengan bergabung ke komunitas penjual kamu punya kesempatan mengupgrade skill menjual kamu. Selan itu kamu juga bisa dapat tambahan ilmu baru tentang prospek bisnis toko online di masa depan, pengalaman baru, juga memperluas jaringan pemasaran.

2. Gunakan Sistem Pre-Order

Untuk mensiasati modalmu yang terbatas, kamu bisa menerapkan sistem pre-order kepada pembeli. Dengan sistem ini, pembeli akan melakukan pembayaran di awal. Biasanya yang pre-order akan mendapat harga yang lebih murah. Hal itu adalah kompensasi karena mereka telah membayar duluan sebelum barang ada.

Sistem pre-order merupakan solusi agar kamu bisa terlebih dahulu membeli barang yang dibutuhkan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran toko yang kamu punya.

3. Menjual Produk Bernilai

Menjadi penjual yang ?Palugada? alias apa lu mau gue ada memang sah-sah saja. Tapi ada baiknya kamu memperhatikan kualitas barang yang kamu jual. Sebaiknya, barang-barang yang kamu jual adalah produk yang memiliki nilai dan bermutu baik.

Misalnya, sama-sama yang dijual adalah botol minum. Kamu bisa menambah nilai pada botol minum tersebut dengan kemasan yang bagus atau sertakan bonus misalnya. Dengan demikian produkmu akan berbeda dengan yang ada di pasaran.

4. Gunakan Website

Jangan hanya fokus pada sosial media saja, manfaatkan website e-Commerce untuk mempromosikan lapak toko online kamu, sesekali kamu juga perlu untuk memantau lajur di Search Engine Google.  Coba saja, hal itu dapat meningkatkan jumlah pengunjung kamu, lho.

Jika tak punya website pribadi, gabung saja di  e-Commerce seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.

5. Survei Pasar

Tidak ada penjual yang sukses tanpa melakukan survei pasar. Pastikan bahwa kamu menjual produk yang benar-benar dibutuhkan dan dicari oleh pasar.

Meskipun mengikuti tren itu perlu, tapi Jangan hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar tanpa memahami tujuan kamu menjual barang tersebut. Kamu harus survei apakah produk tersebut hanay tren sesaat atau bisa bertahan cukup lama. Jangan sampai kamu sudah punay stok banyak tapi di bulan depan produk tersebut sudah sepi peminat.

Saat ini segala sesuatu yang ada di internet bisa dipakai untuk menghasilkan uang karena eranya sudah masuk ke apa yang disebut dengan digital marketing.

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan digital marketing kamu, saat ini, Bernas memiliki program untuk membagikan 888 voucher digital mentoring. Cek info lengkapnya di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.