Berita Nasional Terpercaya

Anak Krakatau Meletus, Warganet Bingung Suara Dentuman yang Getarkan Pintu

0

BERNAS.ID – Gunung Anak Krakatau meletus 2 kali pada Jumat (10/4/2020) malam pukul 21.58 WIB dan letusan kedua pada pukul 22.35 WIB. Hujan abu tebal pun terjadi salah satunya di Pulau Sebesi, Lampung. 

Anehnya, usai letusan Gunung Anak Krakatau warga Jakarta, Depok, Bogor, dan sekitarnya mendengar beberapa kali suara dentuman. Bahkan, suara dentuman itu juga mengakibatkan daun pintu yang terkunci bergetar. Warga mengira suara dentuman itu masih ada kaitannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. 

Begini cuitan netizen di Twitter, Sabtu (11/4/2020) dini hari: 

“suara dentuman nya kedengeran banget sih ini, please stay safe semuanya,” tulis xcsesha

“Krakatau erupsi suara dentuman nya kedengar smpe daerah cibinong :(,” ungkap adnaan20

Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan suara dentuman yang terdengar pada dini hari tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. 

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” ungkap Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan dikutip Bernas.Id.

Pihaknya telah mengecek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita. Menrutnya, letusan Gunung Anak Krakatau relatif kecil dan tidak terdengar letusan dari gunung yang ada di Selat Sunda itu. Status Gunung Anak Krakatau masih Waspada (level II).

“Saya sudah cek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut),” sambungnya. 

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab suara dentuman yang didengar warga Jabodetabek sejak 02.00 WIB dini hari. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.