Berita Nasional Terpercaya

4 Usaha Sampingan Modal Minim yang Bisa Kamu Coba Sekarang

0

 

Bernas.id ? Kebutuhan manusia dari waktu ke waktu terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia, perubahan status status sosial, tuntutan hidup dan lain sebagainya. Meningkatnya kebutuhan hidup seringkali tidak sejalan dengan peningkatan pendapatan. Oleh karena itu, orang kemudian mencari penghasilan tambahan dengan menjalani usaha sampingan.

Sesuai dengan namanya, usaha sampingan tentu menggunakan modal yang minim dan bisa dilakukan di sela-sela kegiatan atau pekerjaan utama. Meskipun demikian, bukan berarti usaha sampingan minim perencanaan ya, dalam menjalaninya harus dengan serius karena jika tidak dan malah merugi justru menambah beban finansialmu.

Peluang usaha sampingan atau usaha rumahan banyak macamnya. Kamu bisa menemukan idemu sendiri atau megadaptasi dari bisnis yang sudah ada. Peluang pasar masih terbuka luas. Kamu hanya perlu menjadi seseorang yang kreatif dan gigih.

Berikut ini adalah 4 usaha sampingan yang bisa kamu lakukan dengan modal minim bahkan nyaris tanpa modal.

1. Menulis Blog

Meskipun Youtube sedang naik daun dan banyak orang senang membuat video pendek beraneka konten, bukan berarti blog sudah ditinggalkan.

Masih banyak orang yang senang mencari informasi dengan membaca blog. Kamu bisa mulai menulis blog sesuai bidang yang kamu kuasai. Contohnya adalah bidang masak-memasak. Kamu bisa menulis tentang tips resep masakan rumahan yang pasti disukai oleh ibu-ibu dan remaja perempuan.

Sambungkan blog mu itu dengan sosial media seperti instagram sehingga orang semakin mengenal blogmu.Jika ditekuni, menulis blog mampu menghasilkan uang jutaan rupiah melebihi gaji pegawai pegawai kantoran.

Usaha sampingan ini tentu minim modal karena kamu hanya perlu mengeluarkan budget untuk paket data internet dan listrik saja.

2. Menjual Produk Orang Lain

Sebaiknya kamu mulai percaya bahwa orang yang berjualan selalu memiliki uang. Berapa pun jumlah uangnya seorang pedagang selalu memiliki uang untuk memutarkan kembali modalnya.

Berjualan dalam artian modern seperti sekarang ini adalah berjualan online. Memiliki online shop bisa menjadi pilihanmu untuk usaha sampingan.

Jualan online tidak harus menghasilkan barang sendiri. Kamu bisa menjadi reseller dengan menjualkan produk milik orang lain. Yang harus kamu lakukan adalah memilih produk apa yang akan selalu laku kemudian mencari suplier terpercaya sebagai tempat kamu mengambil produk tersebut.

3. Menjual eBook

Kalau Freebuddies jago membuat buku seperti cerita novel, puisi, tutorial dan semacamnya maka cobalah menjual e-book secara online.

Tanpa butuh modal besar maka banyak masyarakat tertarik membeli. Mereka berfikir membaca buku elektronik lebih praktis ketimbang kertas biasa karena tak dapat dibawa serta dibaca dimanapun sesuka hati.

4. Menawarkan Jasa Keahlian

Usaha sampingan lain yang bisa kamu pilih dengan minim modal adalah menawarkan jasa atas keahlian yang kamu miliki. Misalnya, kamu fasih berbahasa Inggris maka kamu bisa menawarkan jasa untuk les atau bahasa Inggris. Bidang lain bisa berupa keahlian bidang menulis, desain grafis, dan lain sebagainya.

Usaha sampingan bidang jasa ini juga bisa kamu lakukan secara online sehingga jangkauan mu akan lebih luas.

Promosikan bisnis sampingan kamu lewat internet. Teknologi dan informasi yang berkembang pesat menjadi keuntungan buat kamu. Pelajarilah strategi pemasaran digital dengan menggunakan internet. Jika ingin lebih mendalaminya, kamu bisa belajar di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn).

Leave A Reply

Your email address will not be published.