Berita Nasional Terpercaya

Ingin Covid-19 Lekas Berakhir? Peran Keluarga Jadi Kuncinya

0

BERNAS.ID – Pandemi virus corona (Covid-19) mengubah perilaku masyarakat terutama menerapkan pola hidup sehat. Masyarakat dituntut bisa menjaga diri, menjaga kesehatan meskipun harus menjaga jarak agar terhindar dari paparan virus corona. 

Guna memutus rantai penularan dan penyebaran virus corona, keluarga memiliki peran penting dalam mengubah perilaku sehari-hari. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto menyampaikan tokoh panutan masyarakat di dalam skala yang paling kecil adalah kepala keluarga. 

“Peran kepala keluarga untuk mendisiplinkan dan mengubah perilaku sehat bagi anggota keluarganya adalah dasar dari segalanya,” ungkap Yuri dalam siaran pers Kantor BNPB Jakarta pada 7 Mei 2020 lalu. 

Apa yang bisa dilakukan? Anggota keluarga diajak serta saling mengingatkan untuk membiasakan diri cuci tangan dengan sabun di air mengalir. Hal ini untuk membunuh virus maupun bakteri yang menempel pada tangan. Cuci tangan menjadi cara sederhana untuk melawan virus corona karena penularan akibat hantaran tidak langsung bisa terjadi di mana saja, apalagi jika masih melakukan aktivitas di luar rumah. 

Lindungi diri dan keluarga dengan menggunakan masker untuk mencegah percikan langsung (droplet). Kita tidak pernah tahu siapa yang terkena droplet secara langsung. Selain menggunakan masker dan cuci tangan tetap harus kita perhatikan untuk menjaga jarak aman pada jarak satu sampai dua meter jika bertemu orang lain. Begitu pentingnya saat ini lebih baik di rumah saja jika tidak ada keperluan di luar rumah. Sehingga pastikan selalu bahwa keluarga kita tidak berada di luar rumah. Apabila ada kebutuhan mendesak harus keluar rumah, gunakan masker dan batasi waktu bepergian.

“Hindari kerumunan orang yang cukup banyak, hindari berdesak-desakan di kendaraan umum yang penuh sesak, setelah sampai di rumah secepatnya bersih-bersih dan ganti baju,” ujar Yurianto.

Baca Juga Pemerintah Optimis Covid-19 Mereda Juni, Ini 'Senjata' yang Ampuh

Jika nantinya pandemi Covid-19 mereda pun, masyarakat tetap harus waspada dan menerapkan physical distancing karena belum sepenuhnya bebas dari virus corona. Keluarga juga mulai membenahi asupan gizi sehari-hari minimal dimulai dengan menjaga dan meningkat imunitas tubuh. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.