Berita Nasional Terpercaya

Manfaatkan Aplikasi Whatsapp Sebagai Platform Penunjang untuk Mengembangkan Bisnismu!

0

Bernas.id – Dunia digital tidak bisa terlepas dari peran sebuah alat komunikasi bernama handphone. Kita tahu fungsi handphone telah berkembang dari hanya sebagai alat komunikasi menjadi alat canggih penghasil pundi-pundi rupiah. Zaman digital sekarang ini telah mengubah handphone menjadi sebuah kebutuhan setiap orang. Lihat saja! Sudah banyak sekolahan yang pembelajarannya menggunakan handphone, bahkan dari sekolah tingkat dasar. Secara tidak langsung tindakan tersebut adalah guna mempersiapkan generasi yang sadar akan teknologi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan setiap anak mampu mengoperasikan gadget untuk mengikuti pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Hal tersebut menuntut orangtua yang tidak mengerti teknologi menjadi paham agar tidak ketinggalan informasi terkait proses belajar anak dengan gurunya.

Tidak hanya itu, orang bisa membeli pakaian, makanan, bahkan jasa ojek pun hanya dengan klik-klik situs online yang tentunya dari gadget. Begitu mudahnya kita berinteraksi dengan orang lain yang berbeda kota, provinsi, pulau, bahkan beda negara. Semua karena kecanggihan teknologi. Tapi tidakkah kalian berpikir untuk memanfaatkan gadget tidak hanya untuk mengeluarkan uang, tetapi justru menghasilkan uang? Bagaimana caranya?

Iya. Salah satunya dengan bisnis online. Bisnis berbasis teknologi sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Banyak hingga tak terhitung orang yang mulai berbisnis online. Jika kita mengerti ilmu bisnis atau digital marketing, tidak menutup kemungkinan bisnis online kita akan berhasil. Untuk pemasaran ada banyak platform yang bisa kita gunakan. Mulai dari Instagram, Facebook, Website, Youtube, serta Whatsapp. Kita bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk-produk tersebut.

Whatsapp adalah salah satu platform yang sangat umum. Hampir semua orang beralih ke aplikasi Whatsapp sebagai akun perpesanan. Selain mudah untuk digunakan juga hemat dalam hal kuota internetnya. Bagaimana menggunakan Whatsapp sebagai aset digital untuk bisnis kita?

Jika kalian telah tergabung dalam program #ViralDesa yang diselenggarakan oleh Bernas Group, kalian membutuhkan platform untuk memasarkan produk-produk Bernas. #ViralTeam dalam Bernas Group telah menyebar ke desa-desa hingga ke 34 provinsi yang setiap provinsi dan kabupaten terdapat koordinatornya.

Pada intinya ketika menjalankan bisnis tidak ada yang instan. Semua butuh proses dan kerja keras. Ketika memulai memasarkan produk melalui status di aplikasi Whatsapp, hal yang pertama kalian lakukan adalah mengumpulkan kontak sebanyak-banyaknya sebagai target pasar kalian. Selanjutnya kalian harus membangun trust atau kepercayaan atas diri kalian. Ketika kalian telah memiliki trust, apa pun yang kalian jual pasti akan laku. Nah, untuk membangun trus inilah yang butuh proses panjang. Hal kecil yang bisa kalian lakukan adalah sering upload testimoni dari pelanggan, tunjukkan pernyataan kepuasan pelanggan untuk membangun trust pada diri kalian.

Berjuanglah untuk memiliki sebanyak-banyaknya kontak pada Whatsapp kalian. Ketika kita memiliki 10.000 kontak Whatsapp, ada peluang 3-5% dari itu untuk membeli produk kita. Pastikan produk yang kita pasarkan adalah kebutuhan yang sering dicari oleh masyarakat. Produk-produk yang tersedia pada Bernas Group pun termasuk kebutuhan pokok, diantaranya; baju batik, koko, tasbih, hand sanitizer, kacamata, dan produk lainnya.

Untuk mendapatkan 10.000 kontak bisa dari group 34 provinsi tersebut. Mulailah berkenalan setidaknya sehari 20 orang lalu minta izin untuk menyimpan nomornya. Mintalah menyimpan balik nomor kalian dengan bahasa yang baik agar tidak terlihat hard selling. 3-5 % dari kontak kita, akan  ada 300-500 kontak yang melihat status yang kita update di Whatsapp dan berpotensi menjadi konsumen.

Sekali lagi untuk mencapai kemajuan dalam bisnis butuh proses. Semakin  lama tidak mustahil 10.000 orang itu akan menjadi konsumen bagi kalian. Bayangkan jika setiap orang belanja sebesar 100.000.

10.000 x 100.000 = 10.000.000

Jika kalian konsinten meng-upload produk-produk di status WhatsApp, maka pundi-pundi itu akan mengalir setiap bulannya hingga 10.000.000.

Bagaimana? Tertarik untuk memulai bisnis online? Yuk gabung dengan Bernas Group. Karena tidak hanya memiliki produk yang dapat dipasarkan, juga akan mendapatkan pelatihan serta bimbingan dalam dunia berbisnis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.