Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Online Marketing Agar Toko Offline Kamu Ramai Pengunjung

0

 

Bernas.id ? Menggunakan strategi pemasaran online ternyata tidak hanya efektif untuk memasarkan bisnis online. Bisnis offline pun bisa merasakan keefektifan marketing online dengan cara yang hampir mirip.

Selama ini, banyak bisnis online yang juga memiliki toko offline. Selain toko, ada juga bentuk bisnis offline lainnya, misalnya restoran, bengkel, salon, dan lain sebagainya. Bisnis-bisnis offline tersebut bisa dipasarkan dengan cara online karena kita tahu banhwa jangkauan pemasarn online lebih luas.

Salah satu tujuan yang bisa dicapai oleh pemasaran online adalah mendatangkan pengunjung ke toko fisik atau bisnis offline sehingga dapat meningkatkan transasksi jual beli pada bisnis tersebut.

Ada 5 cara yang bisa dilakukan agar online marketing agar bisnis offline kamu ramai pengunjung.

1. Jual Online, Ambil Barang di Toko Fisik

Transaksi yang terjadi pada jual-beli online biasanya, pembeli order barang kemudian melakukan transfer pembayaran, dan barang pun dikirim ke alamat tujuan. Jika kamu ingin agar pembeli bisa datang ke toko offline kamu maka prosedur transaksi bisa diubah dengan memberikan pilihan untuk pembeli bisa mengambil barang ke toko offline.

Cara tersebut bisa membuat pembeli menghemat ongkos kirim karena tidak perlu ada penambahan ongkos ekspedisi. Barang pun bisa segera sampai ke tangan pembeli karena siapa tahu, lokasi toko offline dekat dengan pembeli.

Kamu bisa memberikan tambahan promo untuk pembeli yang memilih opsi untuk ambil barang ke toko agar pembeli tertarik.

Cara seperti ini memberi dua keuntungan sekaligus kepada usahamu Selain berhasil mencetak penjual, online marketing yang dilakukan juga mampu menarik pengunjung datang langsung ke toko offline.

2. Gunakan Data Insight untuk Meningkatkan Personalisasi

Online marketing memang mampu menjangkau pasar yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah namun terkadang hal itu tidak langsung menghasilkan transaksi jual-beli secara online. Mungkin saat itu, produk kamu hanya sekedar diketahui oleh orang banyak namun transaksi toko online masih sepi.

Oleh karena itu, agar online marketing tidak terasa sia-sia karena pesan yang disampaikan tidak berhasil menyentuh pasar yang tepat dan dengan cara tepat kamu harus ubah strategi. Hindari membuat materi pemasaran generik kemudian cobalah untuk membuatnya lebih personal.

Gunakan data insight perihal target market kamu. Kenali isu yang mereka pedulikan dan buat konten pemasaran yang relevan dengan hal tersebut. Hanya dengan menyebutkan nama konsumen ke dalam materi pemasaran, mereka akan merasa cukup diperhatikan.

3. Prioritaskan Perangkat Mobile

Jika kamu ingin membuat website sebagai salah satu tools pemasaran online maka pastikan bahwa website yang akan dibuat didesain untuk mobile-first. Hal itu penting karena saat ini banyak orang mengakses internet lewat smartphone.

Pastikan website yang kamu buat saat ini sudah mobile friendly. Selain itu, materi promo yang dibuat untuk sosial media atau marketplace juga ramah perangkat mobile. Kamu harus mempehitungkan desain eposter, banner, atau infografis yang sesuai dengan perangkat mobile.

4. Kembangkan Online dan Offline SEO

Cara keempat untuk meningkatkan pengunjung toko offline melalui strategi online marketing adalah dengan mengembangkan online dan offline SEO.

Pada era digitak seperti sekarang ini mengunjungi lokasi atau tempat baru mudah dilakukan karena ada google maps atau aplikasi peta digital lainnya. Mencari alamat bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit.

Sekarang ini, aplikasi peta digital pun berkembang tidak hanya menuntun seseorang sampai lokasi tujuan tapi juga mampu menampilkan tempat-tempat rekomendasi beserta review terkait tempat tersebut.

Kamu bisa membuat strategi pemsaran dengan meminta pengunjung toko offline memberika review bagus saat berbelanja di toko offline. Beri tambahan diskon bagi pelanggan yang bersedia melakukannya.

Bayangkan bagaimana jadinya jika toko offline kamu banyak mendapat review positif bahkan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan?  Orang tentu akan merasa lebih yakin. Tidak jarang mereka akan merasa penasaran dan mencoba mengunjungi toko offline kamu.

5. Fleksibel dengan Kampanye Bisnis

Efektivitas online marketing sangat bergantung pada media promosi yang digunakan dan pesan yang disampaikan. Jika tujuannya adalah meningkatkan jumlah pengunjung toko offline, maka pastikan untuk memadukan keduanya dengan cara sesuai.

Selain itu, kamu juga harus dapat mengikuti selera pasar yang terus berubah. Kamu harus fleksibel dengan kampanye bisnis atau strategi pemasaran yang diterapkan. Jangan ragu mengubah strategi jika memang sudah tidak efektif lagi. Ingat, kompetitor kamu mungkin akan selalu punya strategi pemasaran baru. Jika kamu tidak adaptif bisa jadi kamu akan tertinggal.

Demikianlah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar toko offline kamu ramai pangunjung. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan digital marketing yang bisa menunjang kesuksesan bisnis. Kamu bisa belajar langsung dengan mentornya di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.