Berita Nasional Terpercaya

Hasil Positif Ditargetkan Naik, BNPB: Jangan Panik Jika Kasus Covid-19 Melonjak

0

BERNAS.ID – Tambahan kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) kemungkinan akan bertambah banyak pada pekan depan. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Deputi 2 Bencana Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi. Ia meminta masyarakat agar tidak kaget jika jumlah pasien positif Covid-19 naik secara signifikan seiring naiknya kapasitas pengetesan spesimen. 

“Sebenarnya memang di daerah ini harapannya hasil positif itu memang kita targetkan untuk naik. Kenapa? Karena memang kemarin itu kita seharusnya kita itu ditargetkan bisa 10 ribu testing per hari oleh Pak presiden,” ungkapnya Dody dalam rapat bersama Komisi VIII, Selasa (12/5/2020) kemarin. 

Ia menjelaskan kenaikan jumlah pasien positif Covid-19 itu dilakukan agar penanganan pandemi virus corona lebih cepat dilakukan. 

“Sehingga nanti mungkin jangan kaget bapak ibu bahwa minggu depan itu akan cenderung banyak naiknya. Secara teknis memang harus begitu, karena supaya kita bisa mempercepat selesainya Covid ini, memang jumlah testing harus kita naikkan,” terang Dody.

Baca Juga Daerah Tak Harus Terapkan PSBB, Belajar dari Bali yang Pilih Kearifan Lokal

Menurutnya, jika nantinya terjadi kenaikan jumlah positif hal itu tidak lantas berdampak pada kenaikan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Sebab sejauh ini hanya mereka yang sakit berat atau gejala parah sehingga membutuhkan bantuan alat medis. Lebih lanjut, dengan adanya kecenderungan jumlah kasus pasien positif Covid-19 di daerah bakal mengalami kenaikan, maka hal yang perlu adalah memperkuat kapasitas layanan kesehatan di daerah seperti ketersediaan rumah sakit untuk merawat pasien. 

Hingga berita ini diturunkan, jumlah pasien positif Covid-19 tercatat 14.749 orang, 3.063 diantaranya dinyatakan sembuh dan 1.007 orang meninggal dunia, Rabu (13/5/2020) pagi. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.