Berita Nasional Terpercaya

Lebaran di Tengah Pandemi Telah Tiba, Siapkan Safety untuk Kesehatan Tubuhmu!

0

Bernas.id – Taqobbalallahu minna wa minkum wa taqobbal ya karim, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Hari ini seluruh umat islam di seluruh dunia merayakan idul fitri. Hari kemenangan setelah melaksanakan puasa sebulan penuh di bulan Ramadan. Itulah sebabnya kita kembali suci karena Tuhan telah melebur dosa kita. Namun, tidak hanya hubungan dengan Tuhan yang kembali suci, dengan sesama manusia seharusnya juga begitu. Salah satu cara mensucikannya yaitu dengan silaturahmi dan saling memaafkan kepada kerabat, teman, serta semua orang yang pernah berinteraksi dengan kita.

Lebaran tahun ini jelas berbeda dengan tahun sebelumnya. Satu penyebabnya adalah pandemi Covid-19 yang tak kunjung sirna. PSBB telah digencarkan, mudik ke kampung halaman telah dilarang, serta beberapa jalan telah ditutup total. Hal ini terjadi pada daerah dengan status zona merah atau daerah yang terdapat pasien dan orang berstatus resiko terjangkit virus yang mendunia ini.  Bahkan pelaksanakan salat idul fitri pada sebagian daerah ditiadakan dalam upaya pemutusan rantai penyebaran virus Corona.

Bagi daerah dengan status zona merah sebaiknya mematuhi himbauan pemerintah untuk menimalisir  aktivitas di luar rumah, termasuk silaturahmi saat lebaran. Bagaimana pun kesehatan adalah yang utama. Namun,  jangan membiarkan momen lebaran begitu saja. Masih ada alternatif lain untuk merayakan hari kemenangan ini, yaitu dengan komunikasi digital. Hal ini bisa dilakukan dengan cara saling mengirim pesan, melakukan panggilan suara, serta panggilan video. Manfaatkan kemudahan teknologi ini untuk prasana merayakan  idul fitri. Raga mungkin tak bisa saling bertemu, tapi jiwa akan tetap bersatu meskipun hanya melalui komunikasi digital.

Untuk daerah yang berzona hijau, perayaan lebaran mungkin masih bisa terjadi. Tidak afdhol jika hanya berkomunikasi dari handphone, jika masih memungkinkan untuk berkumpul dengan keluarga. Beberapa daerah ada yang melaksanakan sholat idul fitri, itu artinya memungkinkan untuk bersilaturrahmi. Meskipun bisa melakukan silaturrahmi pada daerah zona hijau, tetap perhatikan safety guna mencegah terinfeksi, ya! Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan guna mencegah penularan Covid-19 saat lebaran.

1. Cek Suhu Tubuh

Biasakan untuk selalu menyiapkan alat pengukur suhu untuk mengecek suhu tubuh. Pastikan ketika akan berinteraksi ke luar rumah tidak dalam kondisi demam dengan suhu normal orang dewasa sekitar 36 derajat celcius.

2. Selalu Gunakan Masker

Sesuai anjuran dari pemerintah untuk selalu menggunakan masker ketika ke luar rumah. Hal ini untuk mencegah cipratan udara pernapasan dari orang yang terinfeksi. Selain menggunakan masker, jaga jarak kalian minimal satu meter, ya! Jadi tetap terapkan physical distancing di mana pun dan dalam kondisi apa pun.

3. Sediakan Hand Sanitizer atau Antiseptik

Ini tak kalah pentingnya. Usahakan menggunakan hand sanitizer sesering mungkin, selepas memegang sesuatu yang bersifat umum, artinya banyak orang telah menyentuhnya. Selain hand sanitizer bisa juga menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik. Setidaknya membuat tangan lembab dan virus akan mati jika terkena antiseptik.

4. Ganti Cara Bersalaman

Jika tetap ragu untuk bersentuhan tangan dengan orang lain, kalian bisa mengganti bersalaman dengan menangkupkan kedua tangan di depan dada. Hal ini sudah cukup, apalagi untuk yang bukan muhrim, kan? Tindakan tersebut bisa mengurangi resiko terinfeksi virus corona.

Bicara produk hand sanitizer, diprediksi akan menjadi barang yang paling banyak diburu meskipun lebaran telah usai. Pasalnya mindset untuk selalu hidup bersih masih tertancap kuat pada setiap orang, mengingat resiko yang disebabkan virus corona ini tak hanya menyerang Indonesia, tetapi dunia.

Menurut catatan Nielsen dalam MMA Survei yang dilansir majalah MIX 2020 menyebutkan empat kategori produk yang tumbuh signifikan secara year to date. Salah satu dari empat produk tersebut adalah hand sanitizer yang tumbuh pesat dari 1 % menjadi 199 %. Hal ini jelas karena dampak pandemi Corona, membuat hand sanitizer menjadi barang yang langka. Tiga produk lainnya juga masih berhubungan dengan bahan pembersih yaitu sabun tangan cair, antiseptik cair, dan tisu basah. Ketiganya juga menunjukkan perubahan yang signifikan.

Baca juga: 6 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Kondisi ini bisa kalian manfaatkan, loh. Dengan cara apa? Iya jelas dengan menjual produk yang paling diburu orang tersebut atau dengan menjadi distributor istilahnya. Di mana kita bisa mendapatkan produk-produk itu?

Bernas Group melalui program #ViralDesa mengajak kalian untuk bersama-sama menjemput #RezekiDigital dengan menjual produk-produk Bernas. Produk Bernas Group beragam, salah satunya hand sanitizer. Setelah tergabung dalam program ini, kalian tidak hanya bisa menjual produk-produk Bernas, tetapi juga berkesempatan mendapat poin dan komisi sebagai #ViralTeam. Menarik, bukan? Kita bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Segera datfar ke program ini dan jadilah bagian dari Bernas Group untuk kesuksesn masa depanmu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.