Berita Nasional Terpercaya

Sekalipun PSBB, Usia di Bawah 45 Tahun Diminta Jalankan Ekonomi

0

BERNAS.ID – Beberapa daerah telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan penyebaran virus corona (Covid-19). Meski begitu, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto meminta agar kelompok masyarakat yang berusia di bawah 45 tahun untuk menjalankan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. 

“Kita juga mulai berpikir siapa kelompok yang tidak rentan yang mulai menjalankan kegiatan itu, kita harus berpikir sampai ke arah sana. Sekalipun PSBB ada beberapa sektor usaha yang diizinkan bukan berarti dengan bebas semuanya menjalankan itu,” ungka Yuri dalam keterangan pers daring pada Kamis (14/5/2020) kemarin. 

Alasannya, masyarakat dengan usia di bawah 45 tahun tergolong muda dan cenderung memiliki sistem imun yang kuat terhadap virus corona. Pihaknya menilai jika kelompok inilah yang dapat menjalankan roda ekonomi selama masa pandemi Covid-19. Disampaikan Yuri, secara data bisa dilihat jika kelompok usia di atas 45 tahun pada umumnya lebih rentan besar dibandingkan kelompok umur di bawah 45 tahun. Apalagi jika sudah tua dan memiliki penyakit penyerta lainnya semakin rentan terpapar Covid-19 sehingga tidak mungkin harus bekerja di tengah pandemi Covid-19. 

“Oleh karena itu sektor-sektor yang memang sudah diizinkan alangkah baiknya untuk kemudian kita menempatkan kelompok-kelompok yang masih muda dengan imunitas yang baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah berencana melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah seperti Bali, Manado, Yogyakarta, Batam dan Bintan. 

“Kami juga sudah mulai merencanakan untuk mulai melonggarkan di beberapa tempat,” ungkap Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Kamis (14/5/2020). 

Menurutnya, wilayah yang akan ada pelonggaran PSBB termasuk wilayah yang memiliki jumlah kasus Covid-19 terkecil atau mengalami penurunan kasus. 

“Kalau melihat dari data-data tadi juga, hari ini sudah membaik lagi dari kemarin,” imbuhnya. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.