Berita Nasional Terpercaya

8 Tips Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

0

BERNAS.ID – Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat menguatkan branding bisnis dalam persaingan yang semakin ketat. Desain kemasan yang menarik dan berkualitas menjadi pembeda antara brand Anda dengan kompetitor.

Mengapa desain kemasan produk harus menarik? Tahukah Anda, bahwa pelanggan yang berbelanja di supermarket, akan melihat ke arah produk Anda sekitar 3-5 detik? Di saat itulah pengusaha harus bisa berkomunikasi dan mengundang pelanggan untuk membeli produknya. Dengan adanya desain kemasan produk yang unik dan menarik, maka produk akan memasuki tahap diteliti untuk dibeli oleh konsumen.

Dalam membuat kemasan produk, faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal pertama yang harus dipastikan. Namun, untuk mendukung sebuah pemasaran, kemasan yang aman dan nyaman saja tidaklah cukup, kemasan tersebut juga harus memiliki sifat unik, agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen. Berikut ini adalah tips membuat kemasan yang unik dan menarik agar produk Anda memenangkan persaingan pasar.

1. Mulailah Lebih Awal

Apa yang dimaksud dengan pernyataan di atas adalah mulailah mendesain kemasan produk dalam proses pengembangan produk. Buatlah sebuah draft beberapa ide untuk mendapatkan visual hasil akhir dari sebuah produk, dalam arti kata Anda harus membayangkan seperti apa produk tersebut jika sudah jadi nanti akan terlihat. Anda juga bisa meneliti target pasar klien. Penelitian mengenai pelanggan sangatlah berguna, karena pelanggan merupakan sumber terbaik untuk mengekspresikan apa yang mereka butuhkan, atau bahkan apa yang mereka ingin lihat dalam sebuah desain kemasan produk.

2. Buatlah Sederhana

Keep It Simple adalah semboyan yang selalu disebutkan oleh para desainer. Dengan menjaga desain kemasan produk agar tetap sederhana, maka akan menguntungkan klien dikemudian hari. Hal yang perlu Anda ingat adalah, desain kemasan produk  harus menyajikan apa yang seharusnya disajikan. Desain kemasan produk harus mengandung detail mengenai produk yang dijual, kemudian jangan lupa untuk memberikan peringatan yang berlaku. Hal ini juga berguna agar mengurangi biaya dalam pembuatan desain kemasan produk.

3. Pertimbangkan Branding dan Positioning

Market Positioning dan Branding merupakan dua hal yang sangat penting dalam pembuatan desain kemasan produk. Dengan mengetahui target pasar yang dituju termasuk kedalam pengidentifikasian harapan pelanggan terhadap suatu produk. Hal ini juga hal yang paling efektif. Kemudian, jangan lupa untuk melirik ke kompetitor klien, karena produk klien akan menjadi lebih besar hanya dengan mempelajari lawan kompetitor.

4. Identifikasi Bagaimana Produk Akan Dijual

Jika pengusaha menjual produk secara online, akan sedikit berbeda dengan menjualnya secara fisik atau toko brick and mortar. Konsumen tidak bisa menyentuh dan merasakan produk sebelum membeli, sehingga desain kemasan produk harus menarik bagi indra lainnya. Sedangkan jika produk dijual dalam toko fisik, Anda harus membuat desain kemasan produk jauh lebih menarik, karena produk akan berada dalam rak supermarket yang tentunya berdampingan dengan produk lainnya. Jika desain kemasan produk Anda tidak menarik, maka produk tersebut akan gagal.

5. Fokus pada Tipografi

Di manapun produk itu dijual, teks yang tertera pada desain kemasan produk harus tertera jelas dan dapat dibaca. Warna teks harus menyatu dengan keseluruhan desain kemasan produk Anda. Hal ini juga perlu menempatkan apa yang penting pada kemasan dan menghilangkan teks yang berlebihan. Jika pelanggan kesulitan untuk membaca betapa indahnya produk ini, mereka akan lebih memilih untuk membeli dari pesaing. 

Jadi, jangan sampai Anda salah jalan dalam pembuatan teks pada desain kemasan produk. Anda bisa memilih menggunakan custom lettering. Apa itu custom letteringCustom Lettering adalah pembuatan karya tipografi dengan menggunakan sketsa atau hand writingCustom lettering dapat digunakan dalam banyak hal seperti logo, desain T-Shirt, atau bahkan desain kemasan produk.

6. Gunakan Warna Cerah dan Berbeda

Membuat kemasan produk yang menarik dan unik salah satunya didukung dari pilihan warna-warna cerah dan berbeda. Cobalah untuk mengadakan riset pada kompetitor produk serupa, perhatikan warna-warna yang biasa digunakan pada produk mereka dan mulailah untuk menentukan warna yang berbeda untuk produk Anda. Warna cerah biasanya menjadi salah satu pilihan tepat karena terkesan mencolok dan berbeda  jika diletakkan bersamaan dengan produk lain di rak maupun etalase toko. 

7. Jujur

Masalah untuk pemula, baik untuk desainer juga kliennya, yaitu kerap melebih-lebihkan desain kemasan melebihi imajinasi. Masalahnya, melebih-lebihkan produk hingga berkali lipat berarti menyesatkan konsumen yang akhirnya berimbas ke performa pemasaran yang buruk.

Yang paling parah, ini bisa merusak citra perusahaan. Sikap jujur ditekankan di sini. Konsumen hanya ingin sesuatu yang sederhana, tidak mahal, dan tahu apa yang dibeli. Memang benar, konsumen ingin sesuatu yang beda, tapi bukan sesuatu yang dilebih-lebihkan.

8. Ramah Lingkungan

Zaman sekarang, sudah banyak desain kemasan produk yang mementingkan ramah lingkungan. Dengan menambah nilai ramah lingkungan, brand Anda akan memiliki nilai Corporate Social Responsibility (CSR) dengan eksposur yang dipandang oleh pelanggan. Selain itu, masyarakat akan lebih tertarik dengan brand yang memiliki kesadaran akan kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat.

Nilai plus nya, Anda juga dapat mendukung gerakan ramah lingkungan dengan mengurangi produksi kemasan yang berbahaya untuk bumi ini.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.