Berita Nasional Terpercaya

Tips Membuat Website untuk UMKM yang Mampu Menaikkan Omset

0

BERNAS.ID – Seiring berkembangnya teknologi hampir segala aspek di kehidupan beralih ke online. Bagi Anda pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pasti ingin memperluas pasar demi mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Setiap usaha bisnis, besar atau kecil, membutuhkan website profesional hari ini. Namun, pengelolaan website dapat sangat mengintimidasi bagi pebisnis yang belum pernah menggunakan website sebelumnya. Website dapat menjadi salah satu elemen terpenting dalam bisnis Anda, membantu membangun kepercayaan di antara klien atau malah membuang calon pelanggan.

Berikut ini adalah sejumlah tips yang akan membantu website bisnis Anda mendapatkan perhatian dan menghasilkan dampak yang diinginkan.

1. Tampilan Desain atau Template

Salah satu elemen penting yang efektif adalah desain yang dapat tampil dengan baik di semua jenis perangkat, terutama smartphone. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengunjung kini menggunakan seluler sebagai perangkatnya. Selain itu, Google sedang dalam proses peluncuran mobile-first index yang akan memberi peringkat lebih tinggi kepada situs yang optimal untuk seluler dibanding website yang tidak ramah seluler.

2. Elemen Multimedia

Konon gambar bernilai lebih dari seribu kata, karena pengguna smartphone lebih suka menelusuri gambar dan menonton video daripada membaca banyak teks di layar kecil.

Jika tampilan gambar diformat dengan benar, diberi tag, dan dioptimalkan penggunaannya, maka gambar dan video tersebut dapat membantu peringkat situs Anda lebih tinggi di hasil penelusuran sehingga lebih banyak mendatangkan pengunjung. Gunakan favicon khusus (gambar kecil di bagian atas tab browser) yang tidak hanya memberikan pencitraan merek tetapi juga berguna sebagai bookmark atau toolbar icon untuk memudahkan pelanggan Anda menemukan situs Anda.

Jika website Anda menggunakan WordPress, Anda dapat mengunduh tools dan plugin WordPress untuk membantu melakukan pengoptimalan gambar, skema bookmark, pemasangan video HD, desain favicon, dan banyak lagi. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan website builder, alat tersebut dapat diakses di satu tempat dan siap digunakan.

3. Mudah Ditemukan dan Dilacak Kinerjanya

Penggunaan gambar dan fitur yang mobile-friendly masihlah belum dirasa cukup untuk pengoptimalan desain situs Anda. Ada sejumlah praktik SEO yang harus diikuti, seperti menggunakan keywords yang tepat dan metadata lain untuk membantu pembeli lokal atau calon klien di seluruh negeri menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Bagaimana Anda tahu seberapa baik SEO Anda bekerja? Di situlah tugas Google Analytics. Melacak kinerja posting, kampanye media sosial, hasil pencarian kata kunci, dan banyak lagi faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari website bisnis Anda.

4. Infinite Scrolling Layout

Seperti yang sudah kita ketahui, generasi millennial sangat mendominasi angka pengguna internet, oleh karena itu kita juga harus mengetahui perilaku mereka saat mengunjungi sebuah website.

Mereka lebih suka mencari scrollbar yang biasa terdapat di sisi kanan layar dan tidak akan sungkan untuk tetap scrolling sampai halaman paling bawah hanya demi mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Dengan begitu pengunjung akan mendapatkan informasi lebih cepat dan secara tidak langsung Anda juga sudah mendapatkan engagement mereka.

Website yang menggunakan tampilan infinite scrolling juga memiliki keuntungan teknis. User dapat dengan mudah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan tanpa harus berpindah-pindah halaman, yang biasanya memakan banyak waktu untuk loading.

5. Waktu Buka Situs Cepat

Pengunjung menjadi tidak sabar jika website Anda lama loadingnya. Pastikan bahwa desain website usaha Anda memiliki infrastruktur server dan bandwidth yang tepat untuk mendukungnya. banyaknya gambar di website juga bisa menambah waktu loading dan menunda calon pelanggan. Waktu buka situs juga dapat ditingkatkan dengan mengambil hosting yang baik.

6. Detail Kontak yang Mudah Terlihat

Ini adalah hal yang paling jelas untuk dilakukan tetapi dalam desain website bisnis UMKM cenderung mengabaikan faktor kontak ini. Nomor telepon dan alamat e-mail Anda harus ditampilkan dengan jelas di situs web dan jika mungkin, di bagian atas dan bawah setiap halaman. Buat halaman ?HUBUNGI? di bagian akhir yang tidak hanya mencakup nomor kontak tetapi alamat email, alamat fisik perusahaan, dan peta, bersama dengan petunjuk arah dan jam operasi perusahaan Anda.

7. Produk dan Layanan Harus Ditampilkan dengan Baik

Beberapa desain website bisnis tidak dapat menampilkan produk mereka secara efektif atau menunjukkan terlalu banyak produk dan layanan pada satu halaman dan mengacaukannya. Ingat bahwa Anda hanya memiliki kemewahan beberapa detik untuk memenangkan atau kehilangan pelanggan potensial. Jadi pastikan kesan pertama adalah profesional. Jika Anda adalah perusahaan yang menjual produk secara online, maka foto produk, gambar, dan deskripsi harus jernih dan tepat. Jika Anda memiliki desain situs web yang bagus tetapi produk Anda belum ditampilkan dengan baik, pelanggan Anda akan berpikir dua kali sebelum membeli dari Anda.

8. Konten Berkualitas

Konten memainkan peran utama dalam mendapatkan diindeks oleh mesin pencari. Semakin kualitatif dan kuantitatif konten Anda, semakin mudah bagi mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks website bisnis Anda. Konten yang buruk atau tidak relevan juga merupakan pengubah permainan saat menarik atau memadamkan pemirsa. Judulnya adalah di mana Anda perlu membayar perhatian ekstra karena ini akan menentukan perbedaan antara pengunjung yang meninggalkan situs Anda atau melanjutkan lebih lanjut untuk menelusuri sisanya.

9. E-commerce

E-commerce meliputi toko online, sistem pelacakan inventaris, keranjang belanja, alat pembayaran populer seperti pembayaran melalui transfer bank maupun kartu kredit dan Paypal, dan cara promosi dengan kode kupon. Anda dapat menambahkan elemen-elemen yang Anda perlukan satu per satu.  Anda juga dapat menggunakan rangkaian alat e-commerce yang disediakan oleh pengembang websire Anda untuk membuat toko Anda lebih lengkap fiturnya.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.