Berita Nasional Terpercaya

Virus Corona Tak Akan Hilang, Jokowi Singgung Kehidupan Baru

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo mengungkapkan pemerintah akan mulai mengatur supaya kehidupan masyarakat kembali normal meski pandemi Covid-19. Virus corona tetap masih akan ada, apalagi belum ditemukannya vaksin untuk menanganinya. 

“Pemerintah akan mengatur agar kehidupan kita berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan,” ungkap pria yang akrab disapa Jokowi ituseperti dikutip dari siaran pers resmi Istana, Jumat (15/5/2020).

Disampaikan Presiden Jokowi nantinya masyarakat bisa beraktivitas normal kembali, namun harus menyesuaikan dan hidup berdampingan dengan Covid-19. Bahkan, WHO menyebut potensi virus corona tidak akan hilang dan tetap ada. 

“Informasi terakhir dari WHO yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang. Artinya kita harus berdampingan hidup dengan Covid,” terangnya. 

Jokowi mengungkapkan masyarakat akan hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal ini menjadi titik tolak menuju kehidupan baru masyarakat untuk beraktivitas kembali dan tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masyarakat tetap produktif tetapi juga harus patuh terhadap imbauan pemerintah, menjaga jarak aman, sering cuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan masker saat bepergian. 

Presiden Jokowi menyampaikan, pemerintah berupaya agar kehidupan masyarakat berangsur-angsur normal saat pandemi Covid-19. Jika nantinya masyarakat masuk ke kehidupan baru 'new normal' maka berbagai sektor usaha bisa beroperasi kembali. Menurutnya, sektor usaha yang dapat dibuka kembali nantinya harus tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini agar tidak menimbulkan resiko meledaknya wabah corona.

“Saya ambil contoh misalnya rumah makan isinya hanya 50 persen, jarak antar kursi dan meja diperlonggar,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.