Berita Nasional Terpercaya

Berikut Menu Buka Puasa yang Tak Menguras Kantong

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Momen buka puasa merupakan sesuatu hal yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan nafsu, lapar dan dahaga. Tak perlu makanan mahal, yang murah meriah saja sudah bikin hati senang.

Anda bisa menyiapkan menu spesial yang lezat dan mengenyangkan pastinya. Berikut menu makanan buka puasa yang irit dan tak menguras kantong :

1Kolak
Buka puasa anda terasa masih kurang jika belum mencicipi makanan yang manis-manis. Nah, kolak pisang bisa menjadi teman berbuka puasa yang manis dan lezat. Cita rasa khas yang tercipta dari kolak pisang membuat makanan yang satu ini tidak pernah lepas dari masyarakat Indonesia.

2. Es Kelapa
Es Kelapa tidak hanya sebagai menu buka puasa yang irit saja, tetapi juga kaya akan kandungan yang berguna bagi tubuh kita. Kandungan elektrolit yang terdapat pada buah kelapa mampu mengganti cairan tubuh yang hilang ketika beraktifitas. Tidak hanya itu, air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh.

3. Kurma
Rasanya kurang afdol jika bulan suci Ramadhan sedang berlangsung namun Anda sama sekali belum mencicipi kurma. Anda bisa menyantap 3 atau 4 butir kurma ketika buka puasa tiba. Kurma juga mampu menggantikan kadar gula dalam darah ketika sedang berpuasa. Kandungan serat yang tinggi pada kurma ternyata mampu membantu mengontrol nafsu makan yang berlebihan. Kurma juga cukup menyegarkan ketika dihidangkan sebagai menu takjil buka puasa.

4. Gorengan
Gorengan tidak selalu identik dengan tempe mendoan atau tahu goreng saja. Masih banyak pilihan gorengan yang bisa Anda dapatkan di pinggir jalan dengan harga terjangkau, seperti bakwan jagung, pisang goreng, lumpia, dan makanan lainnya. 

5. Roti Bakar
Salah satu menu buka puasa yang irit yaitu roti bakar. Anda bisa menggunakan roti gandum yang masih tersisa saat dimakan ketika sahur. Roti bakar menjadi menu makanan yang mampu menambah energi tubuh yang seharian digunakan untuk berpuasa. Roti bakar sendiri bisa dibuat sesuai dengan keinginan yaitu dengan menambahkan rasa anggur, coklat, strawberi atau yang lainnya.

6. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah menu makanan yang fleksibel. Mengapa fleksibel? Karena nasi goreng bisa dinikmati kapan saja, baik pagi maupun malam hari. Nasi goreng juga dapat menjadi menu buka puasa yang sangat praktis.

Nah, silahkan Anda coba di rumah menu-menu tersebut. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.