Berita Nasional Terpercaya

Tips Menyediakan Layanan Food Delivery untuk Bisnis Kuliner Anda

0

BERNAS.ID – Adanya layanan delivery makanan atau food delivery di rumah makan Anda akan menjadi nilai positif bagi bisnis Anda. Menurut beberapa survey, pendapatan yang dihasilkan restoran dari layanan delivery makanan cukup banyak. 

Apakah Anda pernah bertanya-tanya kenapa industri kuliner makin banyak yang merambah ke dunia online dan begitu mudah viral di masyarakat? Alasan pertama, layanan delivery makanan memang sangat memudahkan pelanggan. Mereka tidak perlu macet-macetan untuk pergi mencari makanan. Selain itu, layanan delivery makanan juga mendorong pelanggan untuk mencoba berbagai makanan baru yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Seiring dengan berkembangnya jasa layanan delivery makanan yang dibangun oleh pihak ketiga, itu akan berdampak positif bagi industri kuliner.

Jika Anda tertarik untuk mengadakan layanan delivery makanan, sebaiknya pikirkan dahulu apakah Anda ingin mempercayakan pesan antar makanan ini pada pihak ketiga atau Anda ingin membangun tim Anda sendiri. Untuk mempertimbangkannya, mari simak beberapa info penting yang harus Anda tahu mengenai layanan delivery makanan berikut ini.

Barang yang Harus Disiapkan

Jika Anda memutuskan untuk membangun tim sendiri untuk mengurus layanan delivery makanan, pastikan Anda memiliki barang-barang penting seperti, insulated food delivery bags dan food container.

Selain dua hal di atas, Anda juga perlu barang-barang seperti alat makan disposable, box makanan, atau stackers untuk menyusun makanan yang akan diantar.

Kenapa Perlu Memiliki Layanan Food Delivery?

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan restoran Anda, layanan food delivery akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Adanya layanan ini akan membedakan restoran Anda dengan saingan Anda. Namun perlu diingat, layanan delivery makanan ini bisa mengembangkan bisnis kuliner Anda hanya saat brand restoran Anda sudah cukup dikenal dan Anda sudah punya pelanggan tetap. Pelanggan potensial biasanya ragu untuk makan di restoran Anda jika mereka belum pernah mendengar brand restoran Anda sama sekali. Tapi dengan adanya layanan delivery makanan ini, kemungkinan untuk membuat para pelanggan potensial tertarik mencoba makanan di restoran Anda akan semakin besar, dan ini jelas akan menambah keuntungan Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengaktifkan layanan food delivery, Anda harus bertanya dulu pada diri Anda sendiri, apakah layanan ini akan efektif diterapkan di restoran Anda atau tidak. Layanan delivery makanan biasanya tidak cocok digunakan di restoran fine dining.

Bekerjasama dengan Perusahaan Delivery Service Pihak Ketiga

Jika Anda masih kebingungan dengan istilah ini, sederhananya, pihak ketiga ini merupakan perusahaan yang bekerja sama dengan restoran untuk mengantarkan makanan dan minuman dari restoran ke pelanggan. Ini berbeda dengan food delivery in-house. Anda tidak perlu melatih karyawan Anda untuk mengantarkan makanan.

Perusahaan delivery service pihak ketiga juga memiliki aplikasi yang sangat menarik sehingga banyak orang yang suka memesan makanan secara online. Ada begitu banyak layanan delivery yang terkenal, di antaranya adalah Go-Food fan Grab Food.

Keuntungan Bekerja Sama dengan Delivery Service Pihak Ketiga

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan saat bekerja sama dengan perusahaan delivery service pihak ketiga. Selain meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand Anda dan meningkatkan penjualan di restoran, perusahaan ini juga membantu Anda untuk mempertahankan pelanggan dan meminimalkan risiko kehilangan pelanggan karena mereka tidak sabar menunggu makanan tiba. 

Ini juga dapat menjadi pilihan tepat jika Anda tidak mau dibebani dengan proses perekrutan dan pelatihan karyawan untuk mengaktifkan layanan pesan antar makanan in-house. Pelanggan Anda juga akan cenderung melakukan pesanan lagi karena semua data mereka sudah disimpan dalam aplikasi. 

Jadi mereka tidak perlu kerepotan lagi saat mau memesan makanan di waktu yang akan datang. Dengan ada banyaknya perusahaan delivery service ini di Indonesia, mereka saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Itu artinya ada kemungkinan kalau mereka juga akan menurunkan biaya service dan komisi yang dibebankan pada restoran.

Keuntungan Menggunakan Food Delivery In-House

Jika Anda memiliki waktu dan modal untuk melatih dan membangun tim delivery service di restoran Anda, maka Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan hal tersebut sebelum bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dengan mengadakan layanan pesan antar secara in-house, ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Untung yang akan Anda dapatkan juga lebih banyak karena semua profit akan masuk ke pemasukan Anda. Jika tahu cara yang tepat, memiliki tim delivery service in-house biasanya mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada harus bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dan yang paling penting, Anda punya kuasa penuh untuk memberikan layanan terbaik buat pelanggan, mulai dari memesan makanan, menyiapkannya, mengantarkannya, dan memproses pembayarannya. Karyawan Anda juga menjadi orang yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Hal ini jauh lebih baik daripada harus mempercayakannya pada staff yang tidak diketahui jelas asal usulnya dari pihak ketiga.

Risiko Menyediakan Layanan Food Delivery In-House

Proses pembuatan tim delivery service tidak praktis dan tidak bisa dilakukan oleh semua restoran. Jika Anda pemilik bisnis kuliner kecil, Anda pasti tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membayar staff yang bertugas menangani delivery makanan. Anda pasti akan lebih memilih untuk bekerja sama dengan pihak ketiga yang menawarkan uang komisi lebih kecil sehingga Anda bisa menambah profit restoran Anda.

Setelah menilik keuntungan dan kerugian antara layanan delivery makanan in-house dan milik pihak ketiga, yang mana yang akan Anda terapkan untuk restoran Anda? Apapun yang  Anda pilih, manfaatkan layanan delivery makanan de

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.