Berita Nasional Terpercaya

Kamu Penulis? Intip Fakta Unik Tentang Penulis Berikut ini

0

Bernas.id – Menulis sudah menjadi sebuah aktivitas yang tidak mustahil lagi bagi semua orang. Sekolah menulis online sudah marak di mana-mana, ditambah lagi kemudahan percetakan secara indie. Hal ini membuat para penulis pemula berlomba-lomba untuk mengasah bakat dan membukukan karyanya. Mengutip sebuah ungkapan yang dikatakan oleh Bapak Bangsa kita, Mohammad Hatta: “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Karena dengan buku, aku bebas.” Dari ungkapan tersebut jelas betapa pentingnya sebuah buku. Benar, buku adalah jendela dunia yang akan mengajarkan kita tentang pengetahuan yang luas.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Menurut data algoritma Google yang dikutip dari Mashable bahwa buku yang telah tercetak di semua era modern sebanyak 129.864.880 buah buku. Buku yang terhitung itu pun yang tercantum dalam ISBN (Internasional Standart Book Number). Padahal masih banyak buku yang tak terdaftar di ISBN atau buku bajakan. Di samping fakta tersebut, terdapat berbagai persepsi tentang fakta seorang penulis mengenai tingkah laku dalam kesehariannya hingga prospek dari aktivitas menulis.

Penulis Penuh dengan Imajinasi

Penulis dan imajinasi rasanya sudah sepaket. Tak ada penulis yang menulis tanpa imajinasi, meskipun dalam karya non-fiksi atau true story sekalipun. Semua butuh imajinasi untuk menuangkan kejadian atau peristiwa serta angan-angan menjadi sebuah tulisan. Maka, tak heran jika penulis akan menulis kejadian atau peristiwa yang pernah dialami dalam sebuah tulisan.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

 

Menjadi Seorang Detektif

Seorang penulis akan peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Pikirannya sangat kritis sehingga mudah menangkap ide. Untuk mengembangkan ide yang terlintas dalam pikiran, seorang penulis akan mencari informasi terkait ide yang baru saja ditemukan.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

 

Penulis Senyum dan Nangis untuk Dapat Feel

Tidak sedikit penulis yang tidak terbawa suasana ketika menuliskan sebuah cerita. Ketika menuliskan kisah sedih penulis akan menangis, begitupun ketika menulis kisah romantis, penulis pasti akan tersenyum sendiri sambil menggerakkan jemarinya di atas keyboard komputer. Hal seperti itu perlu untuk memperkuat feel dalam sebuah karya fiksi.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya

 

Penulis Butuh Iringan Musik

Memang tidak semua penulis yang menggunakan metode seperti ini. Sebagian penulis mendengarkan musik untuk menghadirkan mood sesuai kisah yang dituangkan dalam tulisan tersebut. Penulis mengatakan bahwa musik menjadin penggugah jiwa sehingga mudah sekali menuangkan kata-kata.

Baca juga: Inilah Penggunaan Kata Sambung Di dan Kata Depan Di yang Benar

 

Dari Sekadar Hobi Menjadi Jutawan

Sebenarnya hal ini sudah tak menjadi rahasia lagi. Para penulis sudah paham jika dari menulis bisa mendatangkann income yang menggiurkan. Namun, beberapa penulis belum mengetahui caranya bagaimana. Memang benar, menulis bisa mendatangkan income. Download ebook Cara Membuat Tulisan Menghasilkan Jutaan Bahkan Milyaran. Jadikan hobimu untuk mendatangkan finansial yang menggiurkan!

Baca juga: Kaidah Penulisan Huruf Miring dan Tujuan Penggunaannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.