Berita Nasional Terpercaya

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Skincare dan Kosmetik

0

 

Bernas.id ? Bisnis yang memiliki potensi pasar yang besar saat ini salah satunya adalah bisnis skincare. Pengaruh budaya luar mau tidak mau menpengaruhi standar seseorang dalam mengartikan sebuah kecantikan. Budaya k-pop yang digemari orang Indonesia misalnya, membuat kita kemudian beranggapan bahwa definisi cantik adalah kulit putih, tubuh langsing, rambut panjang lurus, dengan riasan wajah yang minimalis tapi glowing.

Tak heran, skincare dan kosmetik ala Korea laris manis di Indonesia. Produsen kosmetik Indonesia pun kemudian melakukan inovasi produknya menyerupai skincare ala Korea.

Belanja skincare menjadi agenda rutin konsumen Indonesia setiap bulan. Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk berbisnis skincare karena tren nya memang terus berkembang. Pangsa pasar bisnis kecantikan semakin luas. Membuka usaha produk perawatan kulit bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Apalagi kesempatan untuk terjun ke bisnis ini kian dipermudah dengan adanya situs jual beli online.

Agar tahu arahnya, berikut ini ada 7 tips memulai bisnis skincare yang bisa kamu praktikkan.

1. Ikuti Trend & Pahami Kebutuhan Konsumen

Bisnis skincare dan kosmetik bisa sukses jika kamu bisa mengikuti perkembangan tren dan memahami kebutuhan konsumen. Agar produk yang kamu jual selalu up to date, kamu harus selalu selangkah lebih maju dari kompetitormu.

Untuk tak ketinggalan tren, kamu bisa berlangganan berbagai situs web kecantikan yang terkenal untuk mengetahui produk terbaru yang mereka keluarkan. Selalu baca berbagai rubrik fashion, menonton video tentang makeup di YouTube, dan mengikuti berita baru seputar kosmetik di media sosial. Ini akan membantumu mengembangkan ide mengenai produk makeup seperti apa yang akan digemari oleh konsumen.

2. Tentukan Image Brand

Membangun bisnis bukan hanya jualan produk tapi juga membangun brand. Kamu harus memikirkan citra apa yang ingin kamu lekatkan pada skincare dan kosmetik kamu. Misalnya, kamu akan membuat citra brand kamu adalah produk yang ramah lingkungan, ekomomis, atau mungkin mewah dan elegan.

Citra yang kam lekatkan pada produk kamu mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli atau memilih memakai produkmu. Seperti yang sedang trena saat ini konsumen merasa lebih aman memakai skincare atau kosmetik dengan citra halal.

3. Berikan Sentuhan yang Berbeda

Brand kecantikan yang ada di pasaran nyaris tak terhitung lagi. Semuanya berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang unik. Kamu bisa menghadirkan kesan berbeda untuk produk skincare dan kosmetikmu. Misalnya, kamu hadirkan warna-warna lebih cerah namun tetap elegan. Lakukan riset tentang apa yang dilakukan oleh brand kosmetik lain supaya kamu bisa menciptakan ide-ide lain yang lebih unik. Tidak masalah jika kamu ingin menerapkan konsep yang mirip dengan konsep brand kosmetik yang sudah lebih dulu terkenal, tetapi cobalah untuk memberikan sesuatu yang baru.

4. Permudah Konsumen untuk Menemukan Brand Kamu

Di era digital ini sebagian besar orang mencari informasi lewat internet. Demikian juga ketika mereka memutuskan untuk membeli produk mereka akan mencarinya secara online. Oleh karena itu, buatlah brand skincare dan kosmetik kamu mudah ditemukan secara online. Hal tersebut karena generasi millennial yang mungkin merupakan mayoritas dari konsumen kamu

Sekarang ini, konsumen produk skincare dan kosmetik bukan lagi perempuan dewasa tapi perempuan dengan usia lebih muda bahkan remaja. Oleh karena itu, promosikan bisnis kamu  melalui situs e-commerce mereka dan media sosial seperti Instagram.

Selain itu, kamu juga bisa menjual produkmu di berbagai marketplace. Menambah sales channel dapat membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan kamu. Untuk mempermudah kamu mengelola pesanan, melihat data penjualan, dan mengatur persediaan produk di setiap marketplace, pertimbangkan untuk menggunakan solusi otomatis.

5. Ciptakan Customer Experience yang Unik

Konsumen tidak hanya membeli produk tapi mereka juga membeli pengalaman. Mungkin mereka tidak terlalu mementingkan produk tapi pengalamanlah yang mahal. Kamu bisa menyediakan jasa konsultasi make up gratis mungkin atau kamu bisa membuak sesi konsultasi dengan menghadirkan dokter kulit sehingga konsumen merasakan pengalaman berbeda saat berbelanja produkmu.

6. Prioritaskan Keamanan pada Produk Kosmetik Kamu

Keamanan adalah keharusan dalam bisnis skincare dan kosmetik. Pastikan produk kosmetik kamu memenuhi standar keamanan dan mendapatkan izin dari BPOM. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menguji produk makeup terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke publik.

7. Pilih Brand Ambassador yang Tepat

Saat ini sudah hal yang wajar untuk menggunakan brand amabassador untuk menaikkan image brand sebuah produk. Bekerja sama dengan influencer dan menjadikan mereka sebagai brand ambassador adalah hal yang lumrah dilakukan.

Pilihlah brand ambassador untuk membantu mempromosikan produk kamu. Pilihlah seseorang yang relevan dengan citra produk kamu. Jangan hanya memilih brand ambassador berdasarkan ketenaran mereka tanpa memperhatikan reputasi mereka atau relevansi mereka dengan brand kamu.(sn)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.