Berita Nasional Terpercaya

Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Kamu

0

 

Bernas.id – Hadirnya berbagai macam platform social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, Youtube, dan sebagainya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka. Perusahaan tidak lagi menggunakan cara konvensional untuk mempromosikan produk tapi menggunakan strategi marketing digital dengan menggunakan influencer untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Tidak hanya perusahaan besar, bisnis stratup atau UMKM pun bisa menggunakan bantuan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Strategi pemasaran dengan menggunakan influencer akan memberikan pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu, dalam memilih influencer tidak bisa sembarangan. Ikutilah tips jitu memilih influencer untuk bisnis kamu.

1.Lihat Followers

Banyaknya followers yang dimiliki seorang influencer menandakan bahwa influencer tersebut sudah dikenal dan memiliki reputasi bagus. Semakin banyak followers ini akan berpengaruh terhadap banyaknya audience yang melihat pemasaran produk atau jasa Anda. Oleh karena itu, pilihlah influencer yang memiliki banyak followers. Pastikan juga followers tersebut asli bukan fiktif. Seperti kamu tahu saat ini banyak yang menawarkan bisnis jual beli follower. Follower fiktif tentu tidak bermanfaat untuk bisnsi kamu.

2.Persentase Engagement

Selain jumlah followers, engagement atau hubungan dari seorang influencer dengan followers juga perlu untuk diperhatikan. Untuk melihat hubungan ini kamu bisa melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer. Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya 5 saja, maka perlu dipertanyakan apakah followersnya fiktif atau asli.

3.Perhatikan Relevansi Brand

Influencer terkenal dengan reputasi bagus dan jumlah follower banyak bisa jadi tidak memberikan pengaruh signifikan karena tidak memiliki relevansi dengan produkmu. Untuk menilai seorang influencer memiliki relevansi dengan produk atau brand mu atau tidak, kamu bisa melihat postingannya selama 7 hari terakhir.

Misalnya, brand produk kamu adalah minuman kesehatan maka kamu bisa memilih influencer yang memiliki kesan sehat, suka berolahraga, dan memiliki aktivitas yang tinggi sehingga memiliki relevansi dengan produk kamu.  

4.Akun Social Media yang Dimiliki

Tips keempat dalam memilih influencer adalah kamu sebaiknya memperhatikan akun social media dari influencer yang kamu pilih. Umumnya masyarakat memiliki beberapa social media,  seperti Instagram, Facebook, Twitter. Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosialnya. Kamu bisa membuat strategi pemasaran yang cocok untuk menyampaikan pesan yang tepat dari setiap akun sosial media influencer. Hal tersebut bertujuan agar target pasar yang ditentukan tercapai.

5.Cek Riwayat Feed Influencer

Influencer biasanya sudah pernah bekerja sama dengan beberapa produk atau jasa lain. Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan influencer tersebut, cek juga riwayat atau feed nya pernah bekerja sama dengan produk apa saja. Hindari influencer yang pernah bekerja sama dengan kompetitor produkmu. Selain itu,  feed  pribadi calon influencer juga penting untuk diperhatikan  karena  feed pribadi yang terlalu banyak dapat dianggap spam.

Demikialah tips-tips jitu dalam memilih influencer. Pelajari strategi pemasaran digital lainnya di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.