Berita Nasional Terpercaya

Pasien Positif Covid-19 di DIY 200 Orang, Ini Pesan Sri Sultan untuk Anak Muda

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga Senin (18/5/2020) pasien yang terkonfirmasi positif virus corona mencapai 200 orang. 

Dikutip Bernas.Id dari Instagram resmi Humas Pemda DIY (@humasjogja) dari 200 orang yang positif Covid-19, 102 masih dirawat, 90 orang dinyatakan sembuh, dan 8 orang meninggal dunia. Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di DIY mencapai 1.306 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 5.992 orang. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan tentang poin-poin yang dibahas saat rapat memantapkan persiapan pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri, Senin (18/5/2020). Salah satu yang dikhawatirkan adalah keyakinan anak-anak muda yang menganggap dirinya tidak rentan terkena Covid-19 alias meremehkan Covid-19. 

?Kalau anak muda itu relatif kondisi fisiknya lebih baik dari yang tua apalagi punya penyakit lain. Saya khawatir hal-hal seperti itu memberikan keyakinan pada anak-anak muda, yang merasa dalam keadaan sehat, bahwa dirinya nggak mungkin sakit. Ini memang ada kesengajaan ya, bagi saya kurang bagus,” terang Sri Sultan HB X, sebagaimana dikutip Bernas.Id. 

Sri Sultan HB X juga menganjurkan umat Islam di DIY agar melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Anjuran ini mengacu pada pelaksanaan salat wajib selama pandemi Covid-19, apalagi salat bersifat sunah. 

“Untuk salat Id itu dilakukan di rumah, tidak perlu di masjid maupun di lapangan. Toh, faktanya untuk salat yang sifatnya wajib juga dilakukan di rumah, apalagi salat Id kan sunah,” sambungnya saat konferensi pers di Gedhong Pracimosono, kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY. 

Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat terkait larangan mudik demi memutus penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta untuk patuh melaksanakan protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 lekas selesai. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.