Berita Nasional Terpercaya

BIN Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Jika Salat Id di Luar, Ini Penjelasan Menag

0

BERNAS.ID – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan jika Badan Intelijen Negara (BIN) memprediksi soal lonjakan penularan virus corona. Lonjakan itu diprediksi terjadi jika ada kumpulan massa saat salat Idul Fitri 1441 H. 

“BIN memberikan prediksi, kalau kita masih melakukan salat Id di luar, maka akan terjadi pelonjakan angka penularan Covid-19 yang signifikan,” ungkap Menag Fachrul dalam konferensi video seusai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Selasa (19/5/2020).

Prediksi yang dimaksud jika pelaksanaan salat Idul Fitri secara berjemaah berlangsung di luar rumah seperti lapangan. Oleh karenanya, Menag meminta supaya masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Ia berharap masyarakat bisa mematuhi aturan UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kewilayahan. Salah satunya adalah kegiatan keagamaan dilaksanakan di rumah. 

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud Md menekankan jika hasil rapat terbatas juga memutuskan supaya masyarakat tidak melakukan salat Idul Fitri di masjid ataupun lapangan seperti biasanya. 

“Pertama di tengah masyarakat ini sekarang timbul diskusi, apakah salat Id boleh dilakukan di masjid atau lapangan seperti yang sudah-sudah sebelum adanya COVID, maka tadi kesimpulannya bahwa kegiatan keagamaan sifatnya masif, seperti salat berjamaah, atau salat Id di lapangan termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB,” tegas Mahfud pada kesempatan yang sama. 

Sebagai informasi, kini jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 18.496 orang. Ada 143 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sehingga jumlahnya menjadi 4.467 orang. Namun ada 30 orang yang meninggal dunia dalam kurun waktu 24 jam. Jumlah pasien yang meninggal dunia setelah dinyatakan positif Covid-19 mencapai 1.221 orang. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.