Berita Nasional Terpercaya

7 Tips Sederhana Agar Lulus Kuliah Tepat Waktu

0

 

Bernas.id ? Setiap jenjang pendidikan pasti punya masa untuk selesai kemudian lulus begitu juga perguruan tinggi atau kuliah. Jika di masa sekolah kelulusan bisa terjadi bersama-sama lain halnya dengan kuliah. Masa kuliah hingga lulus bisa berbeda-beda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya.

Banyak faktor yang mendasari mahasiswa bisa lulus cepat atau lambat. Misalnya, kuliah di jenjang S1 rata-rata memiliki waktu lulus 4 tahun atau paling cepat bisa 3,5 tahun. Kapan batas maksimalnya? Kebanyakan kampus membatasai waktu lulus untuk mahasiswa maksimal untuk 7 tahun.

Nah, supaya kamu bisa lulus kuliah tepat waktu ikutilah 7 tips sederhana ini.

1. Rajin kuliah

Strategi pertama adalah rajin kuliah. Di perkuliahan, terdapat sistem pengambilan SKS (Satuan Kredit Semester) mata pelajaran. Dengan mengambil satu SKS, berarti kamu harus belajar di kelas selama satu jam, belajar mandiri selama satu jam, dan mengerjakan tugas dalam satu jam.

Jadwal kuliah sedikit berbeda dengan sekolah. Jika sekolah sudah pasti waktunya, belajar dari pukul 7 pagi hingga 14 misalnya, di kuliah bisa berbeda. Misalnya, kamu bisa berkuliah pukul 7-9 pagi, kemudian mendapatkan jam kosong hingga pukul 3 sore.

Jika ingin cepat lulus kamu harus rajin kuliah karena jika sampai ketinggalan atau tidak lulus satu mata kuliah saja kamu semakin lama lulusnya.

2. Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Di Indonesia, terdapat peraturan untuk mengambil 144 SKS jika ingin dinyatakan lulus dari suatu program studi. Oleh karena itu, kamu perlu merencanakan dari awal apa saja mata kuliah yang ingin diambil dan pastikan jumlahnya paling tidak 144 SKS.

Jadi, setiap semester harus kamu perhatikan berapa saja SKS yang sudah kamu ambil agar nantinya bisa lulus tepat waktu.

3. Berpikir Jauh ke Depan

Berpikir jauh ke depan ini berkaitan dengan cita-cita yang ingin kamu capai. Dengan berpikir jauh ke depan, kamu jadi memiliki timeline hidup yang tentunya akan memotivasi untuk lulus tepat waktu.

4. Pikirkan Biaya Kuliah

Semakin kamu lama lulus kuliah maka semakin besar biaya yang harus kamu keluarkan. Kita tahu bahwa kuliah biayanya cukup tinggi maka pikirkanlah beban yang harus ditanggung orang tua jika berkuliah lebih lama dari seharusnya.

Kalaupun kamu kuliah menggunakan beasiswa,  semakin lama kamu berkuliah bisa membuat beasiswa dicabut sehingga kamu harus membayar kuliah secara mandiri.

5. Rajin Kerjakan Tugas

Tugas kuliah merupakan hal yang cukup signifikan berpengaruh pada nilai akhir suatu mata kuliah. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dengan usaha sendiri.

Tugas yang diberikan dosen sangat baik untuk melatih mental dalam menghadapi tantangan serta lebih mengerti lagi secara mendalam mata kuliah yang kamu ambil. Semakin tinggi semester yang kamu tempuh maka semakin susah tugas yang mungkin kamu terima. Namun, mental kamu akan semakin terlatih menghadapi berbagai tantangan, terutama tantangan untuk lulus kuliah tepat waktu.

6. Jangan Malas Mencari Dosen

Salah satu tantangan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi adalah kesulitan menghubungi dosen pembimbing.  Saat megejakan skripsi, kamu harus proaktif untuk mencari dosen dan terus gigih untuk melakukan bimbingan.

Bangun hubungan yang baik dengan dosen pembimbing. Pastikan dosen pembimbing mengenal kamu dengan baik sehingga mendukung prosesmu dalam lulus kuliah.

7. Utamakan Kuliah Dibandingkan Urusan Lainnya

Saat menjadi mahasiswa kamu akan punya segudang kesibukan. Selain kuliah kamu akan berorganisasi, mengikuti kegiatan mahasiswa, mungkin menjalani bisnis atau bekerja paruh waktu. Jangan sampai semua kegiatan itu mengganggu kuliahmu.

Dahulukan kuliah dan skripsi dia atas urusan dan kegiatan lain. Jika serius, masa skripsi ini tidak akan lama. Begitu selesai maka bebanmu akan tuntas dan kamu bisa menjalani semua kegiatanmu tadi dengan leluasa. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.