Berita Nasional Terpercaya

Gubernur Akan Tutup Mall dan Pasar yang Tidak Menaati Aturan

0

SEMARANG, BERNAS.ID – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengancam akan menutup pasar tradisional maupun supermarket atau mal, yang tidak menaati protokol kesehatan. Hal tersebut ditegaskannya karena ada kecenderungan terjadi lonjakan pengunjung menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H ini.

“Pasar semuanya sudah mulai dikontrol, sekarang ketat. Jadi sudah berjalan sekitar satu minggu ini. Kalau tidak mau ikuti aturan, saya minta ditutup,” ujar Ganjar, Rabu (20/5/2020).

Diungkapkannya, belakangan ini beberapa pasar dan supermarket mengalami kenaikan pengunjung. Namun, pemerintah kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah sudah melakukan tindakan antisipasi seperti Kota Tegal, Wonosobo dan Banyumas.

“Banyak kawan-kawan bupati dan wali kota melakukan tindakan. Mulai penataan-penataan. Seperti di Kota Tegal itu langsung ditata, Wonosobo juga. Di Banyumas, bupati dan wakilnya cukup rajin menata,” jelasnya.

Ganjar menerangkan, pihaknya masih membuka peluang aktivitas ekonomi masyarakat. Namun, jika protokol kesehatan tidak ditaati, maka pasar dan supermarket akan ditutup.

Disinggung soal sejumlah daerah di Jawa Tengah yang memperbolehkan Salat Idul Fitri di masjid, Ganjar meminta untuk bisa konsolidasi nasional.

“Kemarin saya sudah bicara dengan MUI. Saya kira harus melakukan konsolidasi nasional agar seluruh keputusannya bisa sama,” terangnya.

Menurutnya memang ada pertimbangan-pertimbangan dari bupati/ wali kota yang memperbolehkan Salat Idul Fitri di masjid. Namun itu syaratnya sangat ketat dan berisiko tinggi.

“Memang ada pertimbangan bagi bupati dan wali kota yang memperbolehkan, tapi syaratnya sangat ketat. Problemnya kemudian jika ada OTG (orang tanpa gejala), karena sampai saat ini masih ada yang nekat mudik,” beber Ganjar.

Ia pun mengajak seluruh kepala daerah di Jawa Tengah untuk mengikuti ketentuan dari pemerintah pusat. “Saya minta untuk ikuti ketentuan Kementerian Agama,” pungkasnya. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.