Berita Nasional Terpercaya

Tips Memulai Bisnis Home Decor di Saat Pandemi

0

BERNAS.ID – Memiliki rumah cantik dan tertata apik menjadi idaman banyak orang. Kini, mempercantik rumah tengah menjadi tren apalagi di masa pandemi COVID-19 ini. Banyaknya pekerja yang work from home membuat aktivitas menghias rumah menjadi salah satu alternatif kegiatan selama di rumah. Beragam pernak-pernik untuk mendekor rumah pun banyak bermunculan di berbagai marketplace.

Untuk menjadi seorang desainer interior profesional, Anda mungkin harus memiliki gelar di bidang terkait. Tapi untuk mendekorasi rumah, Anda bisa melakukannya dengan bekal bakat dan hobi saja. Jika Anda suka menata dan mempercantik rumah, lupakan soal gelar karena Anda tidak butuh itu untuk memulainya.

Membuka bisnis jasa home décor bisa jadi cara menyalurkan hobi dan tentu saja mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Ada banyak perusahaan yang menyediakan produk dekorasi rumah atau home décor. Anda bisa memulai langkah Anda dari sini.

Baca juga: Rumah Mewah Nampak 2 Lantai di Sedayu Jogja, Diskon 80 juta dan DP 5 persen. 

Tips Memulai Bisnis Home Decor

Tidak perlu melakukan hal besar, cukup mulai bisnis Anda dari rumah. Promosi lewat media sosial atau dari mulut ke mulut akan sangat membantu memperkenalkan usaha dekorasi Anda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk menjadikan home décor sebagai bisnis, ada beberapa langkah awal yang harus Anda lakukan. Simak tipsnya berikut ini!

1. Buat Rencana

Dalam hidup, Anda selalu butuh rencana, termasuk saat ingin memulai bisnis dekorasi rumah. Hal yang pertama harus Anda tentukan adalah konsep bisnis seperti apa yang ingin Anda jalankan. Apakah Anda hanya menjadi konsultan yang membantu klien mendekorasi rumah, atau justru mewujudkan konsep dengan menyediakan berbagai produk dekorasi.

Sebagai permulaan, dekorator pemula biasanya memulai dengan menjual barang-barang atau menjadi reseller dari perusahaan produsen barang-barang home décor.

2. Riset

Bisnis apapun, terutama yang dijalankan dari rumah memerlukan riset sebelum ide dieksekusi. Untuk langkah awal lihat perusahaan dekorasi di sekitar tempat tinggal Anda. Produk seperti apa yang mereka jual, apa konsepnya dan bagaimana itu bisa membantu bisnis home décor yang Anda jalankan. Pertimbangkan juga bagaimana produk yang mereka sediakan bisa membedakan usaha dekorasi rumah Anda dengan kompetitor. Jika kira-kira konsep dari produk yang dijual terlalu mirip dengan pesaing Anda, mempertimbangkan untuk mencari produsen lain bisa jadi opsi terbaik.

3. Tentukan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan

Persiapan yang dilakukan bisa ditentukan dari seberapa besar skala bisnis yang akan dijalankan. Beberapa hal yang paling penting misalnya: Perizinan Untuk bisnis skala kecil sebenarnya Anda tidak perlu mengurus izin. Tapi kemungkinan skala usaha Anda akan bertambah besar bukanlah hal yang mustahil. Untuk UMKM misalnya, ada beberapa surat yang harus diurus sebelum usaha bisa dijalankan. Agar aman, tidak ada salahnya bertanya kepada pihak terkait tentang perlu atau tidaknya Anda memperoleh perizinan.

Baca juga: Tinggal 1 Rumah Mewah 400 jutaan di Sedayu DP 10 persen.

4. Jaringan

Sebelum memulai bisnis, Anda juga memerlukan jaringan. Cari tahu perusahaan mana yang menyediakan karpet, furniture dan perlengkapan dekorasi terbaik. Semuanya mungkin tidak datang dari satu perusahaan yang sama, karena itu Anda perlu mencari kenalan dan jaringan sebanyak-banyaknya. Jelaskan juga pada mereka bahwa Anda akan melakukan kerjasama jangka panjang. Dengan mengambil produk atau menjadi reseller mereka, biasanya Anda akan mendapatkan diskon khusus. Jangan ragu untuk berkeliling dan mencari produsen yang menawarkan harga terbaik.

5. Mempersiapkan Peluncuran

Meskipun usaha Anda berskala rumahan, tapi mempersiapkan keperluan yang mendasar seperti komputer, internet, software khusus hingga kartu nama perlu Anda lakukan agar terlihat profesional. Anda juga akan memerlukan sampel karpet atau wallpaper sebagai pilihan bagi calon klien. Sampel-sampel ini biasanya bisa didapatkan secara gratis dari produsen yang sudah Anda ajak kerja sama.

6. Bangun Portofolio

Sesimpel orang ingin mencicipi kue sebelum membelinya, calon klien juga perlu melihat hasil kerja Anda sebelum mempercayakan dekorasi rumah mereka kepada Anda. Untuk di awal, Anda mungkin masih belum memiliki contoh. Sebagai permulaan, dekorasi saja kamar atau rumah Anda sendiri dan ambil foto untuk setiap perubahan yang Anda buat. Untuk memperkaya portofolio, tidak ada salahnya menawarkan jasa dekor gratis untuk teman atau keluarga. Fotonya bisa Anda manfaatkan untuk menarik perhatian calon klien. Kumpulkan semua hasil kerja Anda dalam sebuah album baik cetak maupun digital. Perbarui dari waktu ke waktu seiring dengan semakin banyaknya dekorasi yang Anda buat untuk klien.

7. Pasarkan Bisnis Anda

Bagi seorang pemula, melakukan branding bukanlah hal yang mudah. Sebagai langkah awal, perbanyaklah kenalan. Selain supplier Anda, coba cari rekanan arsitek, agen real estate atau pengusaha perabotan. Dengan memperkenalkan diri, mereka mungkin akan menawarkan referensi bisnis kepada Anda. Jika Anda punya dana lebih, tidak ada salahnya mengalokasikan sebagian untuk beriklan melalui media setempat. Kalaupun tidak, media sosial bisa jadi opsi berpromosi yang mudah dan gratis. Instagram dan Twitter bisa Anda jadikan sarana untuk memosting portofolio atau testimoni pelanggan tentang pekerjaan Anda. Jika Anda punya kartu nama, pastikan untuk membawanya ke manapun Anda pergi karena Anda tidak pernah tahu kapan akan bertemu dengan klien potensial.

Baca juga: Investasi Menguntungkan, Tanah Kavling Siap Terima SHM Cuma 60 jutaan, 3 km ke Pusat Bogor Timur.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis lain yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Semisal Anda lebih memilih berinvestasi properti, desain rumah 2 lantai Jogja dan investasi tanah Jonggol sangat direkomendasikan. Keduanya memiliki lokasi yang strategis sehingga nilai investasi Anda terus tumbuh. Segera miliki investasi tersebut karena ada diskon hingga Rp80 juta khusus untuk Anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.