Berita Nasional Terpercaya

Agar Bisnis Online Lancar, Rawat Laptopmu dengan 8 Cara Ini

0

 

Bernas.id ? Laptop kini tidak lagi dianggap barang mahal yang hanya bisa dimiliki segelintir orang. Tidak hanya untuk pekerja kantoran, kegunaan laptop dianggap cukup krusial sehingga sekarang hampir setiap orang memiliki laptop untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Salah satunya ada pemilik toko online atau pebisnis online. Meskipun jualan online bisa menggunakan smartphone, banyak yang memilih menggunakan laptop untuk mempermudah pekerjaan. Banyak hal yang bisa dikerjakan sekaligus dengan menggunakan laptop, dari mulai menjawab pertanyaan calon pelanggan, update stok barang, memperbarui website, hingga membuat laporan keuangan.

Mengingat jam terbangmu cukup tinggi dengan menggunakan laptop, kamu harus tahu cara merawat laptop agar bisnis online mu lancar.

Inilah 8 cara merawat laptop yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Rutin Perbarui Situs Operasi

Bagi  kamu pengguna Windows di laptop maka kamu bisa mengaktifkan ?Windows Update? di menu Control Panel. Selain sistem operasi, kamu juga perlu memastikan kalau aplikasi yang terhubung dengan internet juga kamu perbarui, seperti Google Chrome misalnya.

2. Perbarui Software Antivirus secara Berkala

Antivirus adalah software yang wajib ada di kaptopmu. Kamu bisa pakai MalwareBytes yang bisa otomatis memindai laptopmu tiap seminggu sekali. Atau, kamu bisa mengatur scaning di software anti virus yang lain, misalnya SmadaV. Yang penting, gunakan salah satu antivirus aja, ya!

3. Hapus Bloatware sebelum Laptop Mulai Digunakan

Pasanglah Bulk Instaler supaya aplikasi Bloatware benar-benar bisa hilang dari sistem operasi laptopmu sebab aplikasi bisa memenuhi memori internalmu meski tidak dipakai.

4. Optimalisasi Daya Baterai

Kamu bisa mengoptimalisasi daya baterai dengan mengatur beberapa hal di laptopmu. Misalnya, mengurangi kecerahan layar dan menggunakan fitur sleep atau hibernete saat laptop sedang tak digunakan. Sepele tapi ternyata sangat berpengaruh ke ketahanan daya laptop, lho.

5. Jaga Keamanan Laptop

Cara merawat laptop dengan baik salah satunya adalah dengan menjaga keamanannya. Pasanglah software anti pencuri dan aktfikan password di laptopmu. Bagi pengguna Windows, kamu bisa memanfaatkan fitur Find My Device jika sewaktu-waktu laptop hilang dan sulit ditemukan.

6. Aktifkan Fitur Backup Otomatis

Agar file yang disimpan di laptop selalu aman, kamu mesti mengaktifkan fitur backup otomatis. Umumnya, masing-masing sistem operasi punya software bawaan yang berbeda. Misalnya Windows 10 memiliki dengan System Restore atau Recovery Drive Creator. Atau, MAC dengan fitur Time Machine.

7. Tambahkan Penyimpanan Cloud

Ketika backup  otomatissudah aktif, kini saatnya kamu menambahkan penyimpanan Cloud. Nantinya, Cloud akan sangat membantu jika suatu hari nanti laptop rusak atau dicuri. Setidaknya, jika pakai Cloud, data di dalam masih bisa kamu akses. Ada tiga layanan penyimpanan yang bisa kamu pakai, seperti Dropbox, Google Drive, dan One Drive.

8. Atur Suhu Panas Mesin

Cara merawat laptop baru lain yang bisa dilakukan ialah meminimalisir suhu panas di mesinnya. Sirkulasi udara pada laptop kurang bagus sehingga laptop jadi lebih cepat panas ketimbang CPU maupun tablet. Oleh karena itu, kamu mesti memastikan laptop berada di suhu yang pas agar tak mengalami penurunan performa dan merusak hardisk internal. Nah, salah satu cara yang bisa kamu pakai ialah dengan menaruh cooling pad sebagai tatakan laptop.

Itulah 8 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop. Selalu jaga performa laptopmu agar bisnis online mu lancar, omset pun maksimal. Nah, jika ingin meningkatka omset lewat strategi marketing digital kamu bisa belajar di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.