Berita Nasional Terpercaya

Sebelum Makan Hidangan Lebaran, Ini Tips Agar Tetap Menyehatkan

0

BERNAS.ID – Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020, meski masih ada pandemi virus corona (Covid-19) tentu saja urusan masak hidangan khas tetap dilakukan. Ada beragam makanan khas saat Lebaran seperti ketupat, opor, olahan daging, dan lainnya. Tak jarang orang-orang sangat merindukan hidangan seperti opor atau rendang di saat Hari Raya Idul Fitri. Belum lagi kelezatan dan aromanya dapat menggugah selera makan. 

Meskipun Idul Fitri hari ini tidak mudik dan tidak saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan tetangga, tak ada salahnya jika tetap memperhatikan pola makan. Berikut informasi yang dihimpun Bernas.Id, Sabtu (23/5/2020): 

Minum air putih

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah banyak meminum air mineral atau air putih. Sebelum makan minum air putih. Setelah bebas berpuasa 30 hari, Anda bisa bebas minum air putih lagi. Apalagi akan ada banyak gula yang dikonsumsi entah dari kue, minuman, dan makanan. Walaupun di rumah sendiri, hindari minum-minuman manis seperti sirup, soda, atau dengan tambahan gula yang banyak.

Perbanyak pasokan serat

Meski ada beragam olahan daging, jangan abaikan pasokan serat. Di antara olahan daging, sediakanlah menu sayuran di meja makan. Serat akan membantu menghindari penyerapan lemak yang banyak dan mengurangi kalori. Boleh saja mengonsumsi hidangan Lebaran tetapi dalam piring atau mangkuk tetaplah ada sayuran. Sayuran bisa direbus, dibuat acar atau menjadi lalapan. 

Makan buah

Selain sayuran, serat juga bisa didapatkan dari buah-buah segar. Seperti diketahui, buah adalah sumber nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Seain itu buah memberikan energi sekaligus memasok vitamin, serat mineral, serta antioksidan yang diperlukan tubuh. Inilah yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh apalagi saat pandemi virus corona. Jika makan buah-buah segar secara rutin dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan gangguan kesehatan lainnya.

Kenyangkan perut dengan makanan sehat seperti buah dan sayur. Tetap aktif bergerak selama di rumah saja seperti beres-beres rumah, menyempatkan olahraga. Jangan lupa silaturahmi virtual dengan keluarga, sanak saudara dan teman. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.