Berita Nasional Terpercaya

Teknologi Indonesia Siap Hadapi Covid-19, Hanya Ini Kendalanya

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Teknologi Indonesia sebenarnya telah siap dalam menghadapi Covid-19. Namun, masih ada beberapa catatan yang mesti diperhatikan.

Dalam seminar secara daring bertajuk “Siapkah Teknologi Indonesia menghadapi Covid-19?”  yang diselenggarakan Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Jumat (22/5), Dekan Fakultas Farmasi UGM, Profesor Agung Endro Nugroho menyebutkan bahwa teknologi Indonesia dianggap siap menghadapi Covid-19. Kendati begitu dengan beberapa catatan yang mesti diperhatikan, di antaranya:

Pertama, mempercepat hilirisasi produk yang dihasilkan oleh peneliti dari berbagai lembaga penelitian, universitas, maupun lainnya. Dia mencontohkan, UGM saat ini telah menghasilkan berbagai macam inovasi alat kesehatan, obat, herbal serta suplemen untu mendukung penanganan Covid-19. Beberapa diantaranya berupa produk inovasi berupa prototipe. Lainnya berupa produk yang sudah diproduksi mandiri/digunakan secara luas namun belum memiliki izin produksi/izin edar.

Terkait izin edar ini, dia menyampaikan bahwa Kemenkes telah melakukan upaya percepatan pemberian izin edar produk-produk dalam negeri untuk komoditi alkes dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) yang dibutuhkan melalui mekanisme One Day Service. Hal tersebut dilakukan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Langkah kedua agar teknologi Indonesia siap menghadapi Covid-19 adalah mengoptimalkan peran unsur-unsur di perguruan tinggi baik pada tahap hulu maupun hilirisasi. Selain itu, memperkuat koneksi antar unsur-unsur tersebut.

?Berikut yang ketiga, memperkuat konsep penta heliks (pemerintah, masyarakat, akademisi, swasta, dan media). Semua komponen harus memiliki semangat dan keselarasan dalam mengopimalkan inovasi-inovasi teknologi yang dihasilkan,? jelasnya.

Hal senada turut disampaikan oleh Dosen Fakultas Teknik UGM Dr Andhika Widyaparaga yang mengatakan kolaborasi dan kerjasama menjadi kata kunci penting yang akan mendukung keberhasilan pengembangan alkes di Indonesia.

?Saat situasi saat ini semua harus kerja sama. Harus ikhlas, tak perlu tampil kedepan dan dipuji orang karena yang penting itu upaya bersama membantu dalam mengatasi persoalan yang ada,?paparnya.

Seperti diketahui hingga saat ini sebanyak 90% alkes di Indonesia masih dipenuhi dari impor. Baru sebanyak 10% saja alkes yang diproduksi dalam negeri.

Dia mengatakan memiliki peluang besar dalam pengembangan alkes. Bahkan industri alkes menjadi salah satu industri andalan dalam Bangun Industri Nasional Nasional berdasar RIPIN 2015-2035. Karenanya kedepan perlu adanya program yang berkelanjutan.

?Jadi mengapa harus mengembangkan industri alkes nasional? Selain permintaan alkes yang besar, ketersediaan infrastruktur dan SDM cukup memadai serta relatif murah,? sebutnya.

Sementara, Kepala Pusat Studi Bioteknologi UGM, Profesor Siti Subandiyah menambahkan dalam penanganan Covid-19 ini perlu menghilangkan ego sektoral maupun individual. Sebab hal ini menjadi saah satu hambatan tidak hanya dalam penanggulangan Covdid-19, tetapi juga berbagai hal lainnya.

?Ego sektoral dan ego individual masih kental, termasuk dalam pengembangan riset bioteknologi,? erangnya.

Sementara itu, bioteknologi merupakan ilmu yang multidispliner sehingga perlu kerja sama didalamnya. Tanpa adanya kerja sama maka perkembangan riset bioteknologi Indonesia akan terhambat.

Persoalan lain adalah minimnya fasilitas maupun sarana prasarana dalam riset bioteknologi. Selain itu, inovasi di bidang bioteknologi di tanah air masih sangat sedikit. Apabila peneliti tanah air tidak berinovasi dikhawatirkan akan semakin jauh tertinggal dari negara-negara lainnya.

?Namun, ada peluang dalam pengembangan riset bioteknologi di Indonesia yakni secara pengetahuan dan keterampilannya sudah siap,?terangnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.