Berita Nasional Terpercaya

Selamat Idul Fitri, Jokowi: Pandemi Covid-19 Menuntut Pengorbanan Tak Mudik

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Istana Bogor. Pria yang akrab disapa Jokowi itu memilih tidak mudik ke Solo, Jawa Tengah sesuai anjuran karena adanya pandemi Covid-19. Meski begitu, Jokowi menyampaikan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia melalui Instagram resminya, Sabtu (23/5/2020). 

“Pandemi Covid-19 yang belum berakhir menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan merayakan Lebaran bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman,” kutip Bernas.Id dari Instagram @jokowi. 

Presiden Jokowi sebelumnya juga meminta agar rakyat Indonesia tidak mudik Lebaran mengingat adanya pandemi Covid-19. Larangan mudik dari pemerintah dimaksudkan untuk menekan penularan dan penyebaran virus corona di berbagai daerah di Indonesia. Apalagi ada pula daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hari Raya Idul Fitri tahun ini diwarnai dengan masalah kesehatan global yang turut dialami berbagai negara.

Demi keselamatan banyak orang saling berkunjung pun dianjurkan tidak dilakukan untuk menekan penularan Covid-19. Oleh karenanya, masyarakat tetap bisa bersilaturahmi tetapi secara virtual dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jokowi berharap bangsa Indonesia mampu melewati ujian ini. 

“Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting dan harus menjadi prioritas kita semua. Kita tetap bersilaturahmi dan saling memberi maaf, meski tak bertemu secara fisik. Dengan bersama-sama, bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini,” sambung mantan Wali Kota Solo itu. 

Lebih lanjut, Jokowi yang tahun-tahun sebelumnya merayakan Idul Fitri di Istana Kepresidenan menggelar halalbihalal pun untuk tahun ini ditiadakan. Situasi pun sedang tidak memungkinkan untuk saling bertemu. Presiden Jokowi pun masih tetap bekerja untuk memantau perkembangan situasi nasional utamanya penanganan Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.