Berita Nasional Terpercaya

Apa Beda Marketplace dan E-Commerce? Mana yang Lebih Menguntungkan?

0

BERNAS.ID – Perkembangan teknologi dan juga jaringan internet saat ini sejalan dengan berkembangnya bisnis online di kalangan masyarakat. Dengan adanya jaringan internet dapat mempermudah para pelaku bisnis online dalam melakukan transaksi penjualan secara online. Ada beragam jenis bisnis online yang sering kita dengar di antaranya seperti online shop, e-commerce dan marketplace, namun tahukah Anda perbedaan Marketplace dan E-Commerce?

Saat ini Indonesia sudah menjadi salah satu negara yang melakukan transaksi perdagangan bisnis secara online. Sudah banyak toko-toko online yang berlomba-lomba menawarkan barang dan produk yang dimilikinya.

Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya minat berbelanja dari masyarakat Indonesia, karena dengan berbelanja secara online para pembeli dapat memilih produk yang diinginkan tanpa perlu pergi jauh keluar rumah untuk sekadar berbelanja.

Yang perlu diketahui yaitu tidak semuanya bisnis online merupakan online shop namun ternyata juga ada yang namanya Marketplace dan E-Commerce. Menurut Anda manakah yang lebih efektif di antara keduanya

Apa itu Marketplace?

Pada awalnya masih banyak orang yang menganggap online shop itu sama dengan marketplace, faktanya berbeda. Marketplace merupakan suatu model bisnis yang menfasilitasi para pedagang online untuk berjualan, dalam kata lain sebagai perantara. Melalui marketplace proses jual beli dapat berjalan dengan cepat dan mudah karena dibantu dalam mempromosikan produk dagangannya dan juga memberi fasilitas dalam hal bertransaksi uang secara online.

Secara sederhana, sebenarnya marketplace dapat disamakan dengan konsep pada pasar tradisional namun yang berbeda hanya marketplace dilakukan melalui internet atau lewat media online saja. Marketplace merupakan website yang menyediakan tempat untuk para pelaku bisnis online yang ingin menjual produk dagangannya. Lewat marketplace para pembeli dapat menemukan berbagai jenis barang yang diinginkan dari berbagai macam online shop.

Pada sistem bisnis online melalui marketplace para penjual produk tidak perlu lagi melakukan proses tawar menawar ataupun tanya jawab seputar spesifikasi produk yang tersedia. Hal demikian karena dalam website di marketplace tersebut sudah tersedia keterangan dan juga detail dari setiap produk yang dipromosikan. Dengan begitu akan lebih memudahkan para penjual karena pembeli hanya perlu meng-klik tombol beli apabila berminat kemudian melanjutkan dengan proses transfer melalui aturan dan harga yang sudah tercantum pada marketplace tersebut.

Yang membuat marketplace lebih menguntungkan dari pada pasar konvensional adalah para penjual tidak perlu lagi pusing memikirkan untuk membayar uang sewa tempat jualanya. Menguntungkan bukan? berjualan gratis, siapa yang tidak mau? Para pelaku bisnis online hanya diharuskan untuk mendaftarkan diri kemudian sudah bisa menjual barang-barangnya.

Melalui sistem marketplace juga memungkinkan bagi yang awalnya adalah hanya pembeli kemudian membuka tokonya sendiri, lalu menjual produk dagangannya pada website marketplace tersebut.

Lalu pernahkah terpikirkan dari mana marketplace tersebut mengambil keuntungan? Sebenarnya kebanyakan dari marketplace menerapkan jasa iklan premium yang digunakan dalam mencari keuntungan melalui sistem bisnis online ini. Para penjual atau pemiliki toko online hanya diharuskan untuk membayar iklan melalui produk yang diiklankan tersebut.

Jika di luar negeri marketplace pertama yang diketahui adalah ebay. Marketplace ini muncul sejak tahun 1995 yang membantu proses berjualan bisnis online menjadi lebih efisien dan mudah. Saat ini sudah banyak berkembang beragam jenis marketplace yang kita ketahui, seperti diindonesia sendiri contohnya OLX, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lainnya.

Apa itu Ecommerce?

Sering kali dari kita mendengar orang mengatakan e-commerce untuk menyebut deskripsi dari marketplace. Kenyataannya kedua sistem bisnis online tersebut berbeda. Perbedaan yang sangat krusial antara marketplace dan e-commercee ialah jika di e-commerce hanya menjual berbagai jenis produk dari website itu saja. Dengan demikian para pembeli hanya dapat menemukan satu toko online saja, berbeda halnya dengan marketplace, Anda dapat menemukan beberapa toko online yang menjual produknya di satu website.

Untuk sistem penjualan bisnis online pada e-commerce sebenarnya hampir sama saja dengan marketplace yaitu memungkinkan para pembeli memilih dan menentukan produk apa saja yang ingin dibeli. Apabila pembeli berminat terhadap suatu produk dan ingin membeli, pembeli hanya perlu meng-klik tombol beli kemudian melanjutkan dengan proses transfer yang sudah disediakan.

Yang membedakan bisnis online antara marketplace dengan e-commerce adalah jika di e-commerce barang yang dijual tersebut hanya berasal dari website tersebut. E-commerce tidak menyediakan lahan atau tempat untuk berjualan bagi pemilik toko online lainnya yang ingin menjual produk mereka, juga tidak ada proses tawar-menawar karena harga yang tercantum sudah merupakan harga pas.

Contoh e-commerce yang ada di Indonesia di antaranya Berrybenka, Zalora, dan masih banyak lainnya. Lantas manakah yang lebih efektif bisnis online antara e-commerce dengan marketplace? Pada dasarnya Anda bebas saja memilih platform mana yang lebih Anda percayai, dan Anda juga dapat menggunakannya secara bersamaan selama Anda dapat mengaturnya dengan baik. Yang perlu diperhatikan bagi para penjual bisnis online agar tidak kehilangan para pelanggannya adalah dengan tetap memperhatikan identitas brand dan brand awareness dari brand produk yang Anda miliki.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis lain yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.