Berita Nasional Terpercaya

Inovasi PT Pindad Bikin Ventilator Non-Invasif, Kasad TNI Minta Segera Uji Klinis

0

JAKARTA,BERNAS.ID –  PT. Perindustrian Angkatan Darat (PT Pindad) melakukan inovasi pembuatan ventilator non-invasif, untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

?Direktur Utama Pindad melaporkan ventilator non-invasif Pindad sudah mendapat approval dari Kemenkes,? ujar Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa, dilansir dari YouTube TNI AD, Sabtu (23/5/2020).

Ventilator tersebut bersifat non-invasif dengan teknik ventilasi mekanis, tanpa menggunakan pipa trakea atau endotracheal tube pada jalan nafas. Tahap selanjutnya adalah uji klinis ventilator yang rencananya dilakukan di 10 RS TNI AD sebagaimana yang dipersyaratkan.

Kasad meminta Pindad uji klinis ventilator non-invasif dapat dilakukan di lebih dari 10 RS TNI AD, apalagi ada 68 RS yang dimiliki TNI AD tersebar di berbagai daerah, seluruh Indonesia.

Kasad menjelaskan bahwa ventilator non-invasif yang diberikan ke beberapa RS untuk uji klinis, selanjutnya akan diberikan kepada RS tersebut untuk menjadi hak milik.

?Rumah sakit yang menerima ventilator untuk uji klinis harus memberikan feedback mengenai hasil uji klinisnya. Nanti dilaporkan ke dokter tugas, selaku Kapuskes AD, kemudian dokter tugas yang akan melaporkan ke Dirut Pindad,? terang jenderal bintang empat tersebut.

Jenderal Andika menambahkan, RSPAD Gatot Soebroto juga akan mendapatkan ventilator non-invasif tersebut untuk percepatan penanganan Covid-19.

 ?Jika sesuai standar akan digunakan di seluruh RS TNI AD di Indonesia,? pungkasnya.(fir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.