Berita Nasional Terpercaya

7 Tips Jitu Memenangkan Persaingan Bisnis Online

0

BERNAS.ID – Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang bisa melakukan apapun dengan mudah, termasuk berbisnis. Itu mengapa kini bisnis online semakin menjamur baik itu yang berskala kecil maupun besar. Pangsa pasar besar, modal yang relatif sedikit, akses informasi yang mudah serta keuntungan yang cukup besar biasanya menjadi alasannya. Akan tetapi perlu diingat bahwa persaingan di bisnis online juga tidak main-main. Untuk itu Anda memerlukan strategi tersendiri untuk mengatasinya.

Banyak yang salah menetapkan langkah pertama sehingga usaha tidak bisa berkembang. Ada pula yang telah memulai dan berjalan, namun karena kurangnya eksplorasi dan inovasi akhirnya bisnis yang dirintis terbengkalai. Oleh karena itu, meskipun bisnis online menawarkan banyak kemudahan, Anda tetap harus mempunyai persiapan dan rencana jangka panjang yang matang agar tetap stabil.

Berikut adalah tips jitu untuk terus bersing balam bisnis yang semakin kompetitif.

1. Lakukan Riset dan Tentukan Target Pasar

Bisnis online yang tidak bertahan lama biasanya disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang di awal sehingga owner bingung menentukan langkah lanjutan untuk bisnisnya. Langkah awal yang bisa dilakukan sebelum melakukan bisnis online adalah dengan melakukan riset dan menentukan target pasar. Ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terhadap konsumen dan kompetitor. Riset konsumen menjadi penting karena dapat membantu mengetahui bagaimana perilaku konsumen, apakah bisnis yang Anda bangun dibutuhkan dan berapa banyak konsumennya.

Untuk pebisnis pemula, riset sederhana bisa dilakukan dengan wawancara, diskusi atau paling mudah dengan survei online. Anda bisa sekaligus menawarkan produk kepada konsumen dan meminta tanggapan mereka. Selain melakukan riset konsumen, lakukan juga riset terhadap kompetitor. Kedua riset ini akan memberi pemahaman mengenai kondisi pasar dan potensi pertumbuhan bisnis online Anda kedepannya. Sehingga Anda pun bisa mengetahui kepada siapa nanti bisnis Anda ditujukan dan strategi untuk bersaing.

2. Ciptakan Produk Berbeda

Ciptakan produk yang unik dan usahakan belum ada di pasaran. Jika demikian, produk Anda akan memiliki nilai tambah di mata konsumen. Produk yang unik dan berbeda memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka lebih mengenali produk Anda dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.

3. Amati Pasar dan Kenali Pesaing

Saat menghadapi persaingan, sebelumnya lihatlah dahulu potensi pasar yang ada serta cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing, secara tidak langsung Anda dapat menentukan bagaimana cara menghadapinya dengan menyusun beberapa strategi demi kepuasan konsumen.

4. Tawarkan Harga Bersaing

Memberikan harga yang bersaing bukan berarti Anda harus menurunkan harga, misalnya dengan memberikan diskon-diskon tertentu sesuai dengan pasaran yang ada dan disesuaikan dengan produk Anda.

5. Tonjolkan Keunggulan Produk Anda

Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk Anda. Misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau layanan prima yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen, sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda akan semakin meningkat.

6. Pelajari Kelebihan dan Kelemahan Pesaing

Cari tahu dan pelajari kelebihan apa yang dimiliki pesaing Anda dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing Anda atau berikan layanan yang tidak disediakan pesaing, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.

7. Buatlah Event Promosikan Produk

Cara ini sering digunakan para pelaku usaha karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Adapun tujuannya tak lain adalah memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha dalam meningkatkan penjualan dan berlomba memberikan kepuasan terhadap konsumen.

Dalam bersaing dengan kompetitor haruslah memakai cara yang sportif. Tingkatkan kreativitas dan inovasi dalam bisnis Anda serta tingkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.