Berita Nasional Terpercaya

6 Tips untuk Mahasiswa Saat Lebaran di Rumah Aja

0

 

 

Bernas.id ? Nampaknya kuliah online masih akan berjalan cukup lama. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan berita bahwa penyebarang virus corona penyebab penyakit covid-19 belum kunjung usai. Hal ini menyebabkan banyak mahasiswa tidak bisa pulang kampus ehingga terpaksa berlebaran di kos.

Agar lebaran mu tetap terasa berkesan meskipun di rumah saja, ikutilah keenam tips berikut ini.

1. Kerjakan Tugas Kuliah

Saat ada tugas kuliah dari dosen lewat pembelajaran daring, maka sebaiknya segera dikerjakan. Jangan ditunda-tunda.  Jika sudah selesai, maka kamu bisa melakukan tugas lain atau aktivitas yang lainnya.

 2. Membuat Rangkuman Materi Kuliah

Jika kamu sudah menyelesaikan tugas-tugas kuliah, tentu kamu punya waktu luang. Jadi, kamu bisa pakai untuk memperdalam materi kuliah. Hal ini bisa bermanfaat banget pas kamu sudah aktif ke kampus dan tidak akan keteteran materi kuliahnya.

3. Baca Buku

Sebaiknya gunakan waktu luang kamu untuk membaca buku. Bisa buku novel, fiksi, biografi, atau buku kuliah juga bisa. Harapannya, kebiasaan baik ini bisa terus kamu lakukan atau menjadi kebiasaan.

4. Menyusun Jadwal

 Selain ikut pembelajaran daring, kamu juga bisa menyusun jadwal lain. Misalnya jadwal bimbingan dengan dosen. Namun tentunya dilakukan secara daring. Jadi, jadwal akan tersusun dengan rapi dan tidak ada yang terlewatkan. Ini juga bisa melatih kedisiplinan kamu meski berada di rumah aja.

5. Bersih-bersih Kamar

Mumpung di rumah, kamu bisa meluangkan waktu untuk membersihkan kamarmu. Cobalah untuk merapikan berkas-berkas kuliah yang ada di rak buku. Susun ulang mana yang masih terpakai dan tidak. Selain kamar rumah, atau kosmu rapi, tentu kamarmu jadi lebih bersih, sehat dan terhindar dari virus.

6. Olahraga dan Istirahat

Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan saat harus berada di rumah saja. Selain itu, istirahat yang cukup juga perlu, jangan begadang untuk urusan yang tidak perlu. Olahraga dan istirahat sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh sehingga tervevas dari virus.

Nah, itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat harus lebaran di rumah saja. Tetap waspada dan jaga kesehatan, ya. (sn)
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.