Berita Nasional Terpercaya

Jadi Episentrum Covid-19, Giliran Pemudik Diimbau Tak Kembali ke Jakarta

0

BERNAS.ID – Usai Hari Raya Idul Fitri, kini giliran pemerintah mengimbau agar masyarakat yang sudah mudik kembali dulu ke Jakarta. Imbauan ini guna mencegah munculnya bertambah parahnya kasus Covid-19 di DKI Jakarta apalagi telah menjadi episentrumnya Covid-19. 

“Harus dipahami, kembali ke ibu kota yang sekarang ini menjadi episentrum Covid-19 justru dapat menjadikan permasalahan semakin besar,” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Minggu (24/5/2020) kemarin. 

Pihaknya pun mengajak masyarakat Indonesia untuk memulai dengan pola hidup baru, cara berpikir maupun bertindak yang berbeda demi memutus penularan Covid-19. Kehidupan setelah adanya pandemi virus corona tentu saja akan berubah. 

“Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah, bahkan Bapak Presiden sendiri mengatakan, kita harus bersabar. Situasi ini tidak mudah. Namun, kita yakin dengan kebersamaan, pasti kita akan bisa melakukan,” jelasnya. 

Alasan lainnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), baik ke luar atau masuk Provinsi DKI Jakarta. Diketahui, masa PSBB DKI Jakarta telah diperpanjang hingga tanggal 4 Juni 2020. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa aktivitas masyarakat keluar dan masuk wilayah Jakarta pada masa pandemi Covid-19 dilarang dengan pengecualian. Siapapun yang melaksanakan perjalanan keluar-masuk Jakarta wajib memiliki Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM).

Lebih lanjut, Polri turut memberlakukan penyekatan jalur-jalur utama arus balik yang menuju ke wilayah Jakarta dari berbagai daerah. Kepala Divisi Humas Polri Argo Yuwono sebelumnya juga mengimbau masyarakat agar tidak kembali masuk ke Jakarta karena kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta paling tinggi. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.