Berita Nasional Terpercaya

Tips Memulai Usaha Kuliner Khusus Delivery Service

0

BERNAS.ID – Berjualan secara online tidak akan ada batasnya, mulai dari produk fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga makanan. Saat ini produk jenis makanan atau usaha kuliner juga bisa menggunakan toko online, bahkan itu sangat disarankan. Karena market pasar dari bisnis kuliner sangat tidak terbatas.

Kepopulerannya semakin meningkat seiring waktu berlalu. Dan semakin banyak pemilik restoran yang memutuskan untuk berganti haluan, dari yang tadinya memiliki restoran dengan lokasi permanen, sekarang membuka restoran yang hanya fokus pada delivery saja.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ghost restaurant, bagaimana cara restoran ini beroperasi dan langkah apa yang harus dilakukan untuk membuka restoran ini, berikut tipsnya.

Apa Itu Ghost Restaurant?

Ghost restaurant sering disebut sebagai restoran virtual atau restoran yang hanya berfokus pada delivery saja. Jenis restoran ini hanya menawarkan makanan untuk diantar.

Ghost restaurant tidak memiliki bangunan berbentuk restoran, sehingga Anda biasanya tidak dapat mengambil makanan pesanan sendiri. Pesanan biasanya akan langsung diantar oleh pihak restoran atau menggunakan jasa pengantaran pihak ketiga.

Makanan yang tersedia di restoran ini biasanya juga hanya dibuat saat ada pesanan saja. Ini membuat restoran jenis ini mampu menawarkan berbagai macam makanan pada daftar menunya.

Lokasi yang Tepat untuk Ghost Restaurant

Kehadiran restoran merupakan alternatif terbaik saat Anda ingin membuka restoran namun terbentur biaya karena biaya sewa bangunan di lokasi strategis biasanya sangat tinggi. Anda tidak perlu mencari lokasi strategis yang ramai dengan kendaraan dan orang lalu lalang. Anda dapat membuka ghost restaurant di manapun, selama layanan pengiriman makanan tetap mudah dilakukan.

Kelebihan dari Ghost Restaurant

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dirasakan saat Anda membuka restoran virtual daripada restoran biasa:

  • Konsep restoran fleksibel. Saat restoran berbasis aplikasi, website, atau sosial media, Anda dapat mengubah menu kapanpun. Tanpa perlu repot mengganti signage, buku menu, atau materi promosi cetak lainnya.
  • Menu dapat disesuaikan. Saat harga bahan makanan melambung tinggi, Anda bisa mengganti bahan makanan tersebut dengan bahan yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan dari lokasi.
  • Modal lebih kecil. Saat membuka restoran virtual, kita tidak perlu memikirkan biaya untuk dekorasi ruangan, signage, alat makan, dan gaji banyak karyawan.
  • Peluang untuk bereksperimen lebih besar. Ghost restaurant merupakan kesempatan yang besar untuk melakukan eksperimen dan mencoba konsep-konsep baru. Jika ide yang nibblers jalankan tidak cocok, bisa dengan mudah menggantinya dengan yang lain.

Kondisi Dapur Ghost Restaurant

Pada restoran virtual, dapur merupakan satu-satunya hal yang membutuhkan banyak biaya. Berhubung nibblers tidak perlu memikirkan biaya untuk menata ruang makan, maka kita bisa mengalihkan biaya tersebut untuk membeli peralatan dapur spesialis yang mungkin tidak bisa ditemukan di restoran tradisional pada umumnya.

A. Menggunakan Satu Dapur untuk Beberapa Konsep

Saat membuka restoran virtual, Anda bisa membuka beberapa jenis restoran virtual sekaligus dan mengoperasikannya di satu dapur yang sama. Apalagi jika bahan makanan yang digunakan untuk konsep-konsep restoran yang dijalankan tersebut tidak terlalu berbeda, Anda bisa menyiapkan makanan lebih efisien dalam dua konsep terpisah di dalam satu ruang.

B. Menyewa dapur

Banyak restoran virtual yang menggunakan dapur di rumah sendiri untuk mengoperasikan restoran. Namun, jika Anda memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk menyewa sebuah tempat untuk membangun dapur sendiri.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelanggan Saat Membuka Restoran Virtual?

Berhubung restoran virtual tidak dapat mengandalkan kepadatan lalu lintas untuk menarik pelanggan, Anda harus memulai bisnis restoran ini dengan teknik pemasaran yang berbeda. Konsep yang fleksibel dan dapat diakses dengan mudah membuat ghost restaurant sangat diminati anak muda. Apalagi jika restoran menargetkan remaja dan orang dewasa muda sebagai pelanggan, sebaiknya pastikan restoran juga hadir secara online.

A. Bekerja Sama dengan Aplikasi Delivery Service

Banyak restoran virtual yang bekerja sama dengan aplikasi delivery service, seperti Gojek atau Grab untuk menarik pelanggan. Jika menjadi restoran yang di-featured oleh aplikasi ini, akan ada lebih banyak pelanggan yang mengetahui keberadaan restoran. Selain itu, aplikasi ini akan mengatur pengemudinya untuk mengambil dan mengantar pesanan pelanggan. Itu artinya, yang hanya perlu pikirkan adalah menyiapkan pesanan pelanggan saja dan tidak perlu mengkhawatirkan proses pengiriman.

B. Buatlah Iklan Menarik di Social Media atau Situs

Jika di area Anda tidak ada layanan delivery service pihak ketiga atau jika Anda lebih suka menangani proses pengantaran makanan sendiri, pastikan restoran virtual memiliki situs yang berkualitas, lengkap dengan form pemesanan online yang fungsional.

Untuk menarik pelanggan nibblers mengunjungi situs restoran, buatlah akun sosial media, tempat di mana calon pelanggan bisa menemukan keberadaan restoran. Buatlah konten dan tayangkan sesering mungkin.

Ajak juga pelanggan untuk membagi foto makanan yang mereka pesan dari restoran Anda, memberi tagar tertentu, dan berinteraksilah dengan mereka. Tanpa kehadiran secara online, restoran virtual yang Anda jalankan tidak akan dikenal oleh masyarakat luas.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.