Berita Nasional Terpercaya

Berbagai Jenis Beasiswa yang Ada di Kampus, Simak Persyaratannya

0

 

Bernas.id – Ada kemudahan finansial yang bisa kamu dapatkan saat kuliah. Tentu saja kemudahan dan bantuan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Bantuan tersebut dikenal dengan istilah beasiswa.

Beasiswa adalah bantuan keuangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa berprestasi yang dapat digunakan untuk keberlangsungan jalannya pendidikan. Bantuan keuangan ini bisa diberikan oleh pemerintah, perusahaan, ataupun yayasan.

Ada beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu merasa layak dan memenuhi persyaratan untuk menerima beasiswa, coba simak penjelasan berikut.

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa lulusan SMA atau sederajat dengan potensi akademik yang baik tapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Beasiswa ini bisa kamu dapatkan jika kamu sudah dinyatakan diterima di perguruan program Diploma IV dan S-1 serta program Diploma III. Dengan beasiswa Bidikmisi ini, kamu akan terbebas dari seluruh biaya pendidikan selama kuliah dan menerima uang saku sebesar Rp600.000 setiap enam bulan sekali,

Untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi, ada persyaratan yang harus kamu penuhi yaitu:

  1. Siswa SMA atau sederajat yang memiliki NISN dan NPSN yang valid di PDSK
  2. Lulusan tahun sebelumnya yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi, dengan kriteria:
  5. Siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  6. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami-istri) maksimal sebesar Rp4.000.000 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 setiap bulannya.
  7. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya Strata 1 atau Diploma IV
  8. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari kepala sekolah
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu di antara PTN atau PTS dengan ketentuan:

– PTN dengan pilihan seleksi masuk:

  1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Seleksi Mandiri PTN
  4. Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
  5. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) merupakan beasiswa yang bisa kamu dapatkan setelah menjalani perkuliahan minimal hingga semester 2.

Beasiswa PPA adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti, yang kini berada di bawah Kemendikbud, kepada mahasiswa D3, D4, atau S1 yang sudah menempuh masa perkuliahan minimal hingga semester 2.

Sesuai dengan namanya, untuk mendapatkan beasiswa ini kamu tentu dituntut mempunyai prestasi di kampus. Dalam hal akademik, kamu harus memperoleh IPK di atas 3.00 dan konsisten terus. Selain itu, aktif di organisasi kampus merupakan salah satu nilai plus, seperti BEM, DPM, atau HMJ.

Persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa PPA ini adalah:

Persyaratan Umum:

  1. Mahasiswa program Strata 1 (S1) atau Diploma 4 (D4) minimal semester 2 dan maksimal semester 8
  2. Mahasiswa program Diploma 3 (D3) minimal semester 2 dan maksimal semester 4
  3. Membuat surat permohonan kepada rektor, direktur, atau ketua pimpinan perguruan tinggi dengan melampirkan:
  4. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau dokumen lain yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif
  5. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) orang tua atau wali
  6. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  7. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain di lingkungan Kemendikbud yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan
  8. Surat rekomendasi dari pimpinan fakultas atau jurusan.

Persyaratan khusus:

  1. Fotokopi transkrip nilai dengan IPK minimal 3.00 pada standar 4.00
  2. Surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh pihak berwenang (untuk pegawai negeri atau swasta disahkan oleh bagian keuangan, sedangkan untuk yang bukan pegawai negeri atau swasta disahkan oleh lurah atau kepala desa setempat).

3. Beasiswa Atlet

Beasiswa yang satu ini lebih spesifik dibanding dua beasiswa sebelumnya. Sebagaimana namanya, beasiswa ini dikhususkan untuk kamu yang berprestasi di bidang olahraga dan berkuliah di program studi keolahragaan.

Beasiswa Atlet tidak mempersyaratkan IPK yang diperoleh oleh mahasiswa, melainkan dari jumlah medali dan jenis medali yang didapatkan.

Beasiswa ini hanya untuk kampus-kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) atau yang dulunya dikenal dengan nama IKIP. Saat ini, di Indonesia terdapat 12 kampus LPTK.

Kuota untuk beasiswa tersebut dibatasi, yaitu hanya 20 beasiswa untuk setiap kampusnya. Mahasiswa terpilih tidak perlu memikirkan biaya kuliah karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Dengan begitu, diharapkan mahasiswa tersebut dapat fokus mengejar prestasi di bidang olahraga.

Dengan informasi tentang beasiswa di atas semoga semakin memantapkan langkahmu untuk menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. Selain itu, ada kabar gembira juga bahwa saat ini telah dibuka kampus baru yaitu Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang memberikan beasiswa dan berbagai kemudahan untuk calon mahasiswanya. Dapatkan info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha (sn)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.