Berita Nasional Terpercaya

Program Studi Arsitektur: Menarik dan Menantang

0

Setelah membahas berbagai program studi pada artikel-artikel sebelumnya, kali ini kami akan membahas program studi Teknik Arsitektur. Secara umum, program studi atau jurusan ini termasuk dalam fakultas atau kelompok studi teknik. Akan tetapi, program studi ini tidak murni mengajarkan ilmu yang berkaitan dengan keteknikan. Dalam program studi Teknik Arsitektur, kamu juga akan mempelajari seni dan estetika. Prodi ini termasuk dalam prodi yang cukup populer di Indonesia. Karena itu, kali ini tim redaksi Bernas akan mengupas tuntas prodi Teknik Arsitektur terutama untuk kamu yang berencana mengambil program studi ini. Kalau kamu berencana mengambil program studi ini, simak artikel ini baik-baik, ya!

Ilmu yang Dipelajari

Arsitektur adalah gabungan antara seni, sains, matematika dan bisnis. Karena itu, kamu dituntut untuk memiliki pemahaman dalam berbagai cabang ilmu. Beberapa universitas di dunia bahkan mensyaratkan mahasiswa S1 untuk menjalani studi selama 5 tahun dan bukan 4 tahun seperti program studi S1 pada umumnya.

Selama waktumu belajar dalam program studi Arsitektur atau Teknik Arsitektur, kamu akan mempelajari cabang ilmu matematika (termasuk geometri, aljabar, trigonometri, dan kalkulus), sains (sebagian besar tentang fisika dan keteknikan), statistika, ilmu komputer (terutama 3D-modeling dan pemrograman linear), serta seni (contohnya menggambar dan sejarah kesenian). Apabila kamu memang suka mengambil program studi yang interdisipliner, maka bisa jadi program studi ini cocok untukmu.

Prospek Kerja & Karir

Lulusan program studi Arsitektur bisa memilih jalur karir yang cukup beragam mulai dari konstruksi, keteknikan, maupun desain. Contoh karir yang bisa kamu pilih adalah bekerja sebagai arsitek berlisensi, urban planner, desainer bangunan dan interior, desainer set dan surveyor, serta masih banyak lagi. 

Cocok untuk Orang yang Seperti Apa?

Akhirnya, kita sampai di pertanyaan paling penting. Apakah program studi Arsitektur atau Teknik Arsitektur ini cocok untukmu? Apabila kamu penasaran, kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini pada dirimu sendiri:

  • Apakah kamu seseorang yang menyukai matematika dan seni? Apakah kamu senang memecahkan persamaan kompleks dan juga mendesain model?

  • Apakah kamu ingin mengambil program studi yang interdisipiliner atau lebih ingin fokus pada cabang ilmu tertentu?

  • Apakah kamu bisa menerima kritik dengan baik, entah itu dari dosen maupun teman?

  • Apakah kamu bersedia bekerja berjam-jam untuk menyelesaikan tugas atau proyek? Apakah kamu bisa bekerja dalam tim untuk menyelesaikan sebuah proyek?

  • Program studi Arsitektur terkenal sebagai program studi yang cukup menantang. Kamu harus siap untuk menghabiskan banyak waktu demi mengerjakan tugas dan proyek. Apakah kamu siap dengan hal tersebut?

Apabila kamu telah menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada dirimu sendiri dan sebagian besar dari jawabannya adalah “iya”, maka kamu harus mulai mempertimbangkan program studi ini dengan lebih serius. Bisa jadi, program studi Arsitektur adalah passion-mu yang sesungguhnya.

Eitss, hampir ketinggalan!

Buat kamu yang pingin cari kuliah sekaligus dapatkan BEASISWA, kabarnya Ustadz Yusuf Mansur melalui Universitas Mahakarya Asia memberikan BEASISWA dari berbagai program studi, salah satunya adalah program studi Arsitektur. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan memperoleh beasiswa ini!

Jadilan calon penerima beasiswa dari Universitas Mahakarya Asia! Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.