Berita Nasional Terpercaya

Ketika Tim Anda Mengalami Penurunan Performa Kerja, Lakukan 3 Tips Ini untuk Memperbaikinya

0

Bernas.id – Dinamika adalah hal yang penting dalam suatu lingkup teamwork. Dinamika ini terbentuk dengan adanya perbedaan karakter dan dialog dalam sebuah tim. Dalam dinamika tim akan terlihat kesesuaian dan ketidaksesuaian karakter dari masing-masing individu yang ada didalamnya.

Dinamika yang baik dalam sebuah tim akan muncul ketika team leader dapat memainkan peran dengan baik. Artinya, ia perlu memahami karakter dari seluruh anggota tim yang ia miliki. Peran seorang leader sangat besar dalam pembentukan dinamika teamwork. Ia harus mampu menggali potensi maupun permasalahan yang ada dari setiap individu yang ia pimpin.

Potensi yang baik dari masing-masing anggota tim mampu membuat dinamika semakin baik. Sedangkan permasalahan yang dimiliki oleh anggota tim akan menjadi menjadi hambatan dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Sehingga, seorang pemimpin perlu membantu anggota timnya yang memiliki masalah.

Permasalahan pribadi dari seorang anggota tim perlu ditangani secara pribadi pula. Dialog dengan yang bersangkutan dan menggali permasalahannya akan membantunya sesegera mungkin keluar dari permasalahan yang ia miliki. Berikan pandangan dan tips singkat cara menyelesaikan masalah yang ia miliki. Penanganan cepat dari permasalahan seorang anggota tim akan segera mengembalikan semangatnya untuk melanjutkan pekerjaan, karena biasanya masalah yang dimiliki seorang anggota tim memengaruhi performa kerjanya.

Jika permasalahan yang muncul adalah permasalahan tim, artinya beberapa orang terlibat dalam suatu masalah, maka diperlukan penanganan dan trik khusus menyelesaikannya. Frekuensi munculnya kelompok berhubungan dengan pola kepemimpinan dan cara penyelesaian masalah yang biasa dilakukan.

Setiap team leader tentu memiliki cara tersendiri untuk membantu anggotanya keluar dari masalah, 3 tips ini akan membantu Anda menyederhanakan cara penyelesaian masalah yang mungkin muncul dalam kelompok yang Anda pimpin.

1. Dialog

Dialog sangat diperlukan dalam teamwork. Untuk menyelesaikan masalah yang muncul didalamnya, terutama permasalahan yang melibatkan banyak orang, maka perlu dilakukan dialog terbuka antara dua atau tiga pihak yang terkait. Pada kesempatan ini, team leader harus berperan sebagai mediator tanpa memihak pada satu pihak. Keberpihakan team leader terhadap satu pihak akan membuat communication gap baru. Walaupun pihak manajemen dipandang bermasalah, team leader harus tetap mengambil jalan tengah bagi penyelesaian masalah yang muncul.

2. Assertive

Assertiveness atau ketegasan mutlak perlu dimiliki oleh seorang team leader. Dalam menyelesaikan masalah yang muncul dalam tim yang dipimpinnya, ketegasan memegang peranan penting. Jika pemimpin tidak tegas dalam mengambil langkah penyelesaian, maka dapat dipastikan permasalahan tidak akan terselesaikan.

3. Fair

Fair atau adil. Dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul, seorang pemimpin harus dapat melihat pokok permasalahan secara benar. Ia pun harus mengambil keputusan secara adil dan tidak berat sebelah. Ada kalanya pokok masalah terlihat samar karena ada pihak yang pandai menyembunyikannya. Namun melalui dialog, pokok masalah akan terlihat.

Team leader adalah satu titik penting dalam kelompok. Perannya sangat besar dalam perkembangan dan performa kerja timnya. Tentu sulit untuk dapat memenuhi harapan setiap anggota tim. Namun, dengan dialog yang intensif pola komunikasi akan dapat diperbaiki.

Jika Anda ingin membangun semua tim yang kuat, Anda pun dapat belajar bersama Bernas Grup. Mentor yang selalu memberikan Anda ilmu yang praktis akan membimbing Anda mengembangkan tim secara opimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.