Berita Nasional Terpercaya

7 Manfaat untuk Mahasiswa Mempelajari Kewirausahaan

0

Bernas.id – Di zaman yang sudah semakin maju seperti sekarang ini banyak norma, parameter, serta standar yang mengalami perubahan. Salah satunya adalah dalam memandang sebuah pekerjaan.

Dulu, masyarakat masih beranggapan bahwa tolok ukur keberhasilan seseorang adalah ketika berhasil kerja di kantoran. Terlebih jika kantor yang dimaksud adalah perusahaan swasta yang besar, BUMN, PNS, atau perusahaan multinasional. Oleh karena itu,para orangtua menguliahkan anaknya agar mendapat gelar sarjana kemudian dapat bekerja di tempat-tempat tadi.

Namun, pandangan tersebut telah mengalami pergeseran. Sekarang ini kuliah tidak hanya untuk mencari ijazah kemudian dipakai untuk melamar pekerjaan. Belajar kewirausahaan semasa kuliah adalah hal yang sangat penting.

Mata kuliah kewirausahaan pun diajarkan untuk semua jurusan. Bahkan, saat ini sudah ada jurusan S1 Kewirausahaan agar mahasiswa mendalam mempelajari ilmu tentang entrepreneur.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Berikut ini adalah 7 manfaat untuk mahasiswa mempelajari ilmu kewirausahaan.

1. Dapat Memahami Seluk-Beluk Kewirausahaan dengan Baik

Bisa dikatakan saat ini banyak orang takut berwirausaha karena tidak tahu atau tidak paham mengenai wirausaha itu sendiri. Dengan mempelajari kewirausahaan maka mahasiswa diharapkan dapat memahami segala sesuatu mengenai kewirausahaan. Pengetahuan itu sangat dibutuhkan jika mereka akan membuka usaha sendiri setelah lulus atau bahkan saat masih menjadi mahasiswa. Ya, kuliah sambil bisnis bukanlah hal yang tidak mungkin.

Baca juga: Mau Kuliah Perhotelan? Inilah Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di UNMAHA

2.Meningkatkan Ketertarikan Menjadi Wirausahawan

Mahasiswa adalah jiwa muda yang penuh semangat dan tak segan mencoba hal-hal baru termasuk berwirausaha atau berbisnis. Namun, mereka perlu dikenalkan dengan wawasan kewirausahaan agar tertarik, belajar, kemudian paham. Setelah memahami dengan baik mengenai kewirausahaan diharapkan mereka tertarik menjadi wirausahawan karena telah mengetahui berbagai keuntungan dan manfaatnya.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

3.Meningkatkan Motivasi untuk Menjadi Wirausahawan

Seseorang butuh alasan kuat untuk melakuakan sesuatu dan bertahan atas pilihannya itu. Alasan kuat itu disebut motivasi. Motivasi sangat diperlukan dalam bebagai tindakan agar setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan maksimal dan lebih bersemangat. Dengan mempelajari kewirausahaan diharapkan lebih banyak orang yang termotivasi untuk memulai berwirausaha.

Baca juga: Inilah Perbedaan Founder, Co-Founder, Owner, CEO, dan COO dalam Perusahaan

4.Memanfaatkan dan Mengembangkan Potensi Mahasiswa

Indonesia memiliki sumber daya manusia berupa generasi muda yang memiliki potensi luar biasa dalam berbagai bidang.  Namun, kurangnya pengetahuan membuat potensi tersebut terpendam dan tidak terasah dengan baik. Potensi yang kuat itu salah satunya dalam bidang kewirausahaan. Dengan memberikan kesempatan pada mahasiwa untuk mempelajari kewirausahaan diharapkan dapat mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki sehingga Indonesia tidak lagi kekurangan pengusaha sukses dan berbakat.

Baca juga: Jurusan Arsitektur Unggulan di Jogja Ada di UNMAHA

5.Menyebarkan dan Membudayakan Semangat Wirausaha dalam Masyarakat

Semangat kewirausahaan perlu disebarkan dan dijadikan budaya dalam masyarakat. Semakin banyak orang yang mempelajari kewirausahaan diharapkan mental wirausaha ini menyebar di masyarakat dan membudaya. Tentu hal itu akan membuat bibit-bibit wirausaha muncuk dan membuat perekonomian bangsa semakin maju.

Baca juga: Pengertian Studi Kelayakan Bisnis: Definisi, Aspek, Tujuan, Manfaat, dan Langkah-langkahnya

6.Memberikan Perubahan Positif yang Signifikan

Kita harus percaya bahwa semakin banyak pengusaha yang muncul akan memberikan perubahan positif yang signifikan untuk Indonesai. Semakin banyak orang yang mempelajari kewirausahaan maka akan semakin besar pula peluang bermunculannya wirausahawan-wirausahawan baru. Mereka tentu  dapat memberikan kontribusi sangat positif bagi bangsa terutama dalam bidang perekonomian.

Baca juga: 4 Perbedaan Cost dan Expense Lengkap dengan Macam-macam Biaya

7.Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Setelah mahasiswa mempelajari kewirausahaan dan mempraktikannya maka diharapkan akan semakin banyak orang yang menjadi wirausahawan. Seorang pengusaha tentu lebih mandiri karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri tanpa tergantung dengan orang lain. Wirausaha mandiri diharapkan mampu meningkatkan ekonomi dan taraf hidupnya secara pribadi serta turut serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya.

7 manfaat manfaat belajar kewirausahaan untuk mahasiswa di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya manfaat belajar kewirausahaan. Salah satu kampus yang ada jurusan S1 Kewirausahaan adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA).

UNMAHA terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di Info Kuliah Univerfsitas: (sn)

Kamu juga dapat memilih tempat tinggal yang strategis di Yogyakarta. Rumah 2 lantai Jogja sangat cocok dijadikan basecamp wirausaha muda. Karena tempatnya yang strategis, kamu dengan mudah memanfaatkannya sebagai aset bisnis dan investasi saat ini.

Baca juga: Alasan Peluang Kerja Tinggi Lulusan UNMAHA

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.