Berita Nasional Terpercaya

Agar WhatsApp Tidak Dibajak Lakukan 5 Langkah Perlindungan Ini

0

 

Bernas.id ? Kemudahan dan kepopuleran WhatsApp tidak lantas menjadikan aplikasi ini aman. Aplikasi chatting WhatsApp atau WA banyak dipilih orang karena kemudahan dan kepopulerannya Banyaknya hal yang bisa dilakukan via WhatsApp membuat orang kemudian mencari cara untuk meretas akun WhatsApp orang lain untuk kepentingannya sendiri.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kamu mengamankan aplikasi WhatsApp mu dengan cara-cara sebagain berikut.

Lakukan 5 langkah ini agar WA tidak dibajak orang lain.

1. Verifikasi Dua Langkah

Mungkin kamu belum tahu bahwa aplikasi WhatsApp punya fitur untuk memverivikasi akun secara dua langkah. Fitur ini akan memintamu untuk memasukkan nomor PIN ketika hendak login kembali di perangkat yang berbeda. Cara mengaktifkannya mudah.

  1. Buka WhatsApp
  2. Kemudian pilih Pengaturan > Akun> Two-Factor Authentication > Aktifkan
  3. Masukkan kode sandi yang dikirimkan WhatsApp
  4. Jika lupa kode sandi, masukkan email pemulihan

2. Aktifkan Notifikasi Keamanan

Kalau fitur sudah diaktifkan, maka kamu mesti memasukkan kode keamanan jika ingin memulai obrolan baru. Begini cara mengaktifkannya.

1. Buka WhatsApp, masuk ke menu ?settings? atau ?pengaturan?
2. Pilih ?akun?, lalu pilih ?Keamanan?
3. Ubah slider tampilan ?pemberitahuan keamanan? ke aktif

3. Gunakan Kunci Sidik Jari

WhatsApp memiliki fitur canggih sudah cukup lama. Fitur ini mesti kamu manfaatkan untuk menghindari peretas yang memanfaatkan akunmu. Caranya adalah:

1. Buka WhatsApp, masuk ke menu ?pengaturan?
2. Pilih ?akun?, lalu pilih ?privasi?
3. Aktifkan sidik jari yang terletak di menu paling bawah

4. Logout dari WhatsApp Web Jika Sudah Selesai

Kelebihan WhatsApp adalah kita bisa menggunakan WhatsApp denganlaptop sehingga sangat memudahkan pekerjaan kita. Namun, mmebuka WhatsApp melalui laptop atau komputer menimbulkan celah untuk WhatsApp kita bisa disalahgunakan. Sekalipun laptop atau komputernya sering kamu pakai, kamu tetap disarankan untuk logout WhatsApp Web setelah digunakan. Ini dilakukan agar orang lain nggak bisa mengakses percakapan pribadinmu.

  1. Buka WhatsApp, kemudian tekan titik tiga di bagian atas
  2. Pilih WhatsApp Web, kemudian klik ?log out from all ?devices?

5. Atur Privasi WhatsApp

Beberapa hal yang bisa diatur di antaranya ialah kapan terakhir online, foto profil, status, lokasi terkini, dan laporan dibaca. Kamu bisa memilih bisa dilihat oleh semua orang, kontak, atau tidak ada.

  1. Buka WhatsApp kemudian masuk ke menu ?pengaturan?
  2. Pilih ?akun? lalu ?privasi?
  3. Kemudian, atur tiap pilihan sesuai dengan keinginanmu

Agar memenuhi standar keamanan, kamu mesti memperbarui aplikasi WhatsApp secara berkala. Pastikan juga kamu memakai aplikasi resmi, sekalipun digunakan untuk login melalui laptop ataupun komputer. Jaga baik-baik selalu privasimu, ya! (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.