Berita Nasional Terpercaya

Hari Ini #14TahunGempaJogja, Sri Sultan Ajak Warga DIY Lakukan Ini

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tepat 27 Mei menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Hal ini karena adanya gempa bumi berkekuatan 5,9 SR yang mengguncang DIY, khususnya Kabupaten Bantul pada 27 Mei 2006 lalu pada pukul 05.55 WIB dengan durasi 56 detik. 

Ribuan orang meninggal dunia dan kerusakan terjadi di berbagai tempat. Sebagai peringatan 14 tahun gempa bumi DIY. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menyalakan sirine di kawasan pantai Selatan.

“Tidak ada peringatan khusus, hanya tadi jam 10 pagi uji coba sirine saja di sepanjang pantai selatan Bantul untuk mengenang kejadian yang terjadi 14 tahun lalu,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto.

Netizen pun mengenang peristiwa gempa bumi yang dialaminya pada 14 tahun silam. Begini cuitan netizen yang dihimpun Bernas.Id bertepatan dengan #14TahunGempaJogja

“14 tahun yang lalu, saya mengalami betul dahsyatnya gempa Jogja yang memporak porandakan kota berhati nyaman Yogyakarta. Masih ingat betul kejadian gempa itu. #14TahunGempaJogja,” kicau @YogaPras_

?Ga kerasa dah 14 tahun aja, aku masih umur 6 tahun dan ingat kejadian pagi itu, lagi nemenin mamah neplek beras. #14TahunGempaJogja,? tulis @bukanjamillah

Oleh karenanya, masyarakat pun diminta untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana alam. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pun mengajak masyarakat untuk mengirimkan doa bagi para korban bencana gempa bumi. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa masyarakat juga sedang diuji dengan adanya pandemi Covid-19. 

?Seperti halnya saat menghadapi bencana gempa tahun 2006 dan erupsi tahun 2010, modal sosial masyarakat DIY dalam menghadapi bencana non-alam Covid-19 ini adalah gotong royong dama kebersamaan. Lewat bencana ini, manusia juga diuji kepekaan hatinya sebagai makhluk sosial. Saatnya kita mawas diri dan migunani tumpraping liyan,? ungkap Sri Sultan HB X dikutip Bernas.Id dari Instagram resmi Humas Pemda DIY. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.