Berita Nasional Terpercaya

Masih Ada Waktu Mempersiapkan Diri Lolos UTBK 2020, Lakukan 4 Tahapan Ini!

0

Bernas.id – Tanggal 2 Juni 2020 yang jatuh pada hari Selasa adalah tanggal penting bagi para lulusan SMA/SMK dan MA. Mereka yang dinyatakan lulus pada tahun 2018, 2019 dan 2020 dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 yang merupakan ujian saringan masuk yang berskala nasional. Skor hasil UTBK selanjutnya dapat dipergunakan oleh peserta untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ujian yang dihelat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini akan berlangsung selama 8 hari. LTMPT sebagai satu-satunya lembaga di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merancang UTBK tahun 2020 menjadi satu jenis tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) yang akan mengukur kemampuan dasar bawaan setiap peserta ujian.

Persentase peserta UTBK yang lulus SBMPTN pada tahun 2019 adalah 23% atau sejumlah 714.625 orang, dengan jumlah sesi tes lebih banyak daripada tahun ini. Untuk dapat lulus dari UTBK diperlukan strategi. Lakukan empat langkah ini untuk dapat lulus dari UTBK:

1. Persiapkan diri

Siapkan diri secara fisik dan mental agar selalu sehat. Makan makanan bergizi dan berpikir positif agar Anda tetap optimis menghadapi UTBK. Pahami juga potensi diri yang dimiliki. Jika Anda pandai bida eksakta, jangan memaksakan mengambil bidang sosial atau sebaliknya.

2. Kuasai materi

Pada tahun 2020 ini, tes yang diberikan dalam UTBK hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Menghadapi soal TPS sama dengan menghadapi psikotes. TPS mengukur potensi bawaan atau kemampuan dasar peserta.

3. Latihan soal

Persiapkan diri dengan banyak melakukan latihan soal. Materi latihan soal bisa didapatkan dari buku-buku latihan soal UTBK tahun sebelumnya.

4. Try out sebanyak-banyaknya

Motivasi diri dengan mengikuti try out sebanyak-banyaknya. Dengan mengikuti banyak try out,  Anda akan mengenali tipe soal sehingga Anda terlatih menyelesaikannya.

 

Masuk ke PTN adalah impian banyak remaja lulusan SMA. Nama besar PTN menjadi magnet yang tak pernah pudar. Namun kesuksesan tidak ditentukan oleh tempat kuliah atau status negri atau swasta. Remaja perlu dipersiapkan baik mental maupun keterampilan untuk menghadapi era digital yang semakin maju baik kuliah di PTN atau PTS pilihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.