Berita Nasional Terpercaya

PSBB Jabar Diperpanjang Sampai 12 Juni, New Normal Tergantung dari Level Kewaspadaan

0

BERNAS.ID – Rencana penerapan new normal di wilayah Jawa Barat masih akan menunggu informasi resmi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Diketahui, Ridwan Kamil resmi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi. Hal ini tercantum dalam Keputusan Gubernur No 443/Kep.287-Hukham/2020 yang diteken pada Kamis (28/5/2020) kemarin. 

Disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja, keputusan perpanjangan PSBB berdasarkan hasil evaluasi dan dikonsultasikan dengan sejumlah ahli, baik ahli epidemiologi dan ekonom.

“Ya, betul. Kepgub Nomor 443/2020 memperpanjang PSBB tingkat provinsi secara proporsional. Kawasan Bodebek dari 30 Mei-4 Juni 2020. Sementara di luar Bodebek, perpanjangan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 12 Juni 2020,” terang Setiawan dalam keterangan tertulis.

PSBB Jawa Barat sudah berlakuk pada 6 hingga 19 Mei 2020. Adapun wilayah Bodebek mengikuti kebijakan Pemprov DKI Jakarta. Bodebek merupakan daerah penyangga DKI Jakarta sehingga kebijakannya harus sejalan supaya penanggulangan Covid-19 bisa optimal. 

Lebih lanjut tentang rencana new normal dan perpanjangan PSBB tingkat provinsi akan disampaikan langsung oleh Ridwal Kamil pada Jumat (29/5/2020). 

“Besok provinsi akan mengeluarkan nilai tingkat kewaspadaan di kabupaten/kota, yang mana status PSBB tersebut akan dilakukan oleh masing-masing daerah secara proposional sesuai dengan level kewaspadaan dalam skala mikro. Kondisi new normal tentu saja akan tergantung dari level kewaspadaan itu,” sambung Setiawan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.