Berita Nasional Terpercaya

Ini Pembagian Tugas TNI Polri Dalam Penerapan New Normal Versi Nuning

0

JAKARTA,BERNAS.ID?-?Pengamat intelijen,?Susaningtyas Kertopati menyebut, pelibatan anggota TNI Polri di konsep new normal sebanyak 340.000 personell guna mengamankan di 1800 titik tersebut tentu sangat dibutuhkan.

“Kita hendaknya tidak mendikotomikan perlu tidaknya peran TNI Polri dalam penerapan New Normal,” ujar Nuning, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (29/5/2020).

Keterlibatan TNI Polri sambung perempuan yang akrab dipanggil Nuning itu, diharapkan mengikuti 3 aspek yang dinilai pada indikator kesehatan masyarakat dari Gugus Tugas Covid 19 yakni gambaran epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Wabah Covid-19 merupakan ancaman nirmiliter. Ancaman nirmiliter berbeda dengan ancaman militer dan ancaman nonmiliter. Ketiganya kini dikenal sebagai ancaman hybrida dan telah merubah perspektif ancaman di masa mendatang. Apa yang dilakukan TNI ini sebagai salah satu wujud OMSP adalah penanggulangan bencana. Keterlibatan TNI dalam konteks wabah Covid-19, masuk dalam kategori penanggulangan bencana.

Senjata biologi dan pertahanan negara anti senjata biologi merupakan ilmu pengetahuan yang harus dikuasai TNI. Pada masa depan ancaman Nubika harus masuk dalam kewaspadaan kita. Para Prajurit TNI kini dituntut memiliki kemampuan tempur konvensional dan kemampuan tempur kontemporer.

Sementara Polri dibutuhkan dalam penegakkan hukum serta pengawasan aturan pemerintah di lapangan.

TNI Polri juga diharapkan dapat bersinergi memberikan informasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Baksos TNI Polri yang membagikan makanan siap santap atau sembako sangat bermanfaat. Contohnya Baksos Universitas Pertahanan Peduli, Baksos beberapa Polda Polres Kodam Koarmada dan lainnya.(fir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.