Berita Nasional Terpercaya

10 Tips Menampilkan Presentasi Online yang Memikat

0

 

Bernas.id ? Era pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk sebisa mungkin tidal berkumpul atau berkerumun dan melakukan segala sesuatu dari rumah saja. Untuk memutus rantai penyebaran virus korona, melakukan physical distancing dan sosial distancing harus selalu kita lakukan.

Dengan demikian, segala kegiatan sebisa mungkin dilakukan secara daring atau online. Rapat, ujian, bahkan presentasi pun dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Mungkin timbul kehawatiran dalam diri kamu apakah presentasi mu akan dimengerti oleh audiens atau tidak. Meskipun teknologi mampu menampilkan seolah berhadapan langsung, tetap saja ada ruang yang membatasi.

Nah, agar setiap orang yang berjauhan ini tetap bisa menyimak presentsimu secara detail dan efektif, ikutilah10 tips menampilkan presentasi online di bawah ini.

1. Gunakan Perangkat yang Tepat

Pilihlah perangkat yang tepat untuk melakukan presentasi online. Pastikan sudah melakukan gladi bersih sebelumnya dengan mencoba perangkat tersebu ebrsama tim. Pastikan juga peserta rapat atau audien presentasi sudah mengerti perangkat apa yang akan dipakai sehinga mereka juga siap.

Sehati sebelum presentasi, konfirmasikan lagi lewat WA atau email kepada siapa saja yang berkepentingan sekaligus sebagai reminder.

2. Tepat Waktu

Pastikan kamu dan semua yang hadir dalam presentasi online memiliki kesepakatan waktu yang sama. Pastikan agar setiap anggota tim hadir di ruangan atau kamar online meeting yang telah dibuat sesuai dengan jam yang ditetapkan. Toleransi waktu bisa diberikan maksimal 15 menit sebelum presentasi dimulai.

3. Sederhana

Presentasi online tentu memiliki keterbatasan oleh karena itu Tidak hanya berlaku presentasi lebih baik disampaikan lewat slide-slide yang sederhana. Perbanyak visual dibandingkan dengan teks. Kalaupun perlu menuliskan teks, bisa dibuat poin-poin atau bagan. Orang lebih cenderung akan menyimak penjelasan kamu dibandingkan membaca slide presentasi kamu.

4. Jelas dan efisien

Presentasi yang efektif adalah presentai yang singkat namun jelas. Tidak perlu lembar slide yang terlalu banyak. Kamu bisa membuat satu slide mewakili 3-4 materi. Paling lama kamu melakukan presentasi online adalah 10-15 menit.

5. Latihan

Sebelum benar-benat presentasi lakukan latihan terlebih dulu. Tidak hanya sekali tapi bisa dua sampai tiga kali untuk memastikan kamu sudah hafal di luar kepala. Pastikan kamu menyampaikan presentasi online in dengan urutan yang benar dan artikulasi yang baik, serta kecepatan bicara yang wajar saja. Untuk mengecek apakah suara kamu akan terdengar jelas dengan perangkat presentasi online yang kamu pilih, kamu bisa latihan dulu dan merekamnya agar bisa melihat previewnya dulu.

6. Visual

Materi presentasi yang menarik adalah dalam bentuk visual, baik foto maupun video. gambar, foto, atau video singkat yang mewakili apa yang mau kamu sampaikan dalam presentasi. Jangan lupa, kamu cek dulu suara dan kualitas gambar dalam video sebelum ditampilkan.

7. Menghibur

Orang menyimak presentasi memang ingin mendapatkan informasi, paparan, atau laporan. Namun, mereka akan lebih suka jika hal itu disampaikan dengan fun, lucu, dan menghibur. Jika kamu merasa tidak jago melucu kamu bisa menampilkan foto atau video lucu yang relevan dengan materi presentasi kamu. Dengan demikian, audiens pun merasa terhibur dengan penjelasan kamu.

8. Moderasi

Presentasi tentu tidak asyik jika hanya satu arah. Tentu ada peserta yang ingin mengajukan pertanyaan atau menanggapi. Untuk mencegah setiap peserta presentasi bicara bersamaan sehingga menyebabkan berisik kamu bisa menggunakan moderator untuk menengahi. Ada perangkat lunak online meeting yang memiliki fitur di mana moderator atau kita bisa mengatur siapa yang hendak bicara, sementara yang lain mendengarkan. Tentukan juga berapa lama waktu yang akan dipakai untuk sesi tanya jawab dan diskusi.

9. Tentukan Tindak Lanjut

Setiap presentasi atau rapat harus selalu ada tindak lanjutnya. Oleh karena ini sifatnya smeua orang bekerja dari rumah maka panduan atau poin-poin tindakan selanjutnya penting juga dipaparkan. Kamu bisa menyiapkan poin-poin apa saja tindak lanjut yang akan diambil bersama setelah presentasi online. Hal itulah yang menjadi panduan untuk menjalankan jobdesk masing-masing.

10. Selesai Ontime

Jika pada poin 2 sudah disebutkan bahwa sebaiknya tepatw aktu dalam memulai demikian juga dalam mengakhir presentasi online sebaiknya ontime. Waktu yang molor akan membuat audien jenuh dan bosan. Kalau dimulai tepat waktu, maka akhiri pula sesuai waktu yang telah disepakati.

Nah, kamu bisa mempraktikkan ke 10 tips di atas saat akan melakukan presentasi online. Pelajari juga bagaimana meningkatkan penghasilan bisnis onlinemu dengan bergabung di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.