Berita Nasional Terpercaya

Catat dan Ingat 8 Poin Penting Bagi Para Peserta UTBK-SBMPTN 2020

0

Bernas.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 semakin mendekati masa pendaftaran. Seleksi yang digelar secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat diikuti oleh para lulusan SMA tahun 2018, 2019 dan 2020 dengan syarat sudah melakukan pendaftaran pada Single Sign On (SSO) system sejak bulan Januari lalu. Bagi yang belum mendaftar pada bulan Januari atau April 2020, maka tahun ini tidak dapat mengikuti seleksi bergengsi ini.

UTBK pertama diadakan ditahun 2019 dengan dua gelombang ujian. Untuk gelombang pertama, jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2019 adalah sebanyak 698.505 orang. Kelompok Saintek sebanyak 374.641 orang dan Kelompok Ujian Soshum sebanyak 323.864. Sedangkan peserta UTBK 2019 gelombang 2 adalah sebanyak 597.115. Jumlah ini terbagi menjadi 304.301 peserta kelompok Ujian Saintek dan 292.814 adalah kelompok Ujian Soshum. Jumlah pendaftar UTBK tahun 2020 per tanggal 31 Maret 2020 adalah sebanyak 1.435.121 orang yang sudah melakukan pendaftaran pada sistem SSO LTMPT dan sudah melakukan finalisasi. Namun dari jumlah tersebut tidak semua dapat mengikuti UTBK-SBMPTN.

UTBK 2020 dilaksanakan dengan beberapa perubahan dari UTBK sebelumnya. Jika pada tahun 2019 UTBK dilaksanakan sebanyak 2 gelombang, pada tahun ini UTBK hanya dilaksanakan 1 gelombang. Pada tahun 2019 materi ujian yang diberikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Sedangkan pada tahun 2020 ini, para peserta hanya akan diberi satu materi ujian yaitu, TPS dengan sistem pembobotan sub tes didasarkan kepada program studi yang diambil. Pada tahun 2019 UTBK dan SBMPTN dilakukan bertahap. Maka mengingat pandemi yang masih terus terjadi, UTBK-SBMPTN 2020 idi dilakukan secara bersamaan. Perguran Tinggi yang mengikuti UTBK-SBMPTN bukan hanya UNiversitas Negeri, namun juga ada 8 Politeknik Negeri mengikuti seleksi ini.

Mengingat ujian kali ini dilaksanakan dalam masa pandemi. Maka ingat untuk tetap mengikuti protokoler kesehatan, ditambah lagi dengan kesiapan fisik dan psikis. 8 hal penting berikut adalah catatan penting bagi kalian yang bersiap untuk mengikuti seleksi ini:

  1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2-20 Juni 2020
  2. Sudah memiliki akun LTMPT
  3. Yang sudah lulus SNMPTN tidak diperkenankan mendaftar UTBK-SBMPTN
  4. Pilih lokasi UTBK terdekat dengan tempat tinggal
  5. Hanya dapat mendaftar UTBK-SBMPTN hanya satu kali
  6. Pilih prodi sesuai persyaratan jurusan di SMTA yang ditetapkan PTN
  7. Perhatikan isian data sudah benar termasuk data disabilitas (jika ada)
  8. Jika sudah lakukan simpan permanen dan cetak kartu, data tidak dapat diubah lagi

 

Ujian adalah kompetisi sehat yang perlu dilalui untuk dapat masuk ke jurusan atau program studi yang dicita-citakan. Kesuksesan perlu direncanakan dan dipersiapkan. Jika pada akhirnya kalian tidak berhasil dalam seleksi yang diimpikan oleh jutaan anak Indonesia, artinya hal itu adalah takdir terbaik.

Melanjutkan pendidikan terbuka lebar bagi mereka yang ma uterus berdoa dan berusaha. Jika PTN tidak kalian dapatkan, buka berarti kalian gagal. Kalian dapat mencoba kampus lain yang juga berkualitas dan mampu memberikan pendidikan terbaik sesuai dengan kapasitas kalian. Yang paling penting adalah, kampus tersebut dapat mencetak kalian menjadi pemuda yang tangguh dan mandiri. Bukan hanya lulus kuliah dan mencari pekerjaan, tetapi juga menciptakan pekerjaan. Seperti halnya yang menjadi progam dari Bernas Group, mempersiapkan mahasiswa menjadi pengusaha sejak masih dibangku kuliah

Leave A Reply

Your email address will not be published.