Berita Nasional Terpercaya

?4 Cara yang Bisa Kamu Terapkan untuk Membayar Biaya Kuliah

0

Bernas.id – Pendidikan tinggi masih dipercaya sebagai salah satu cara untuk meraih kesuksesan jangka panjang di masa depan. Bukan hanya untuk meraih gelar kesarjanaan, menuntut ilmu di perguruan tinggi juga mendatangkan banyak peluang seperti relasi, kemampuan mengembangkan diri, terbentuknya mental yang tangguh, dan masih banyak lagi.

Pentingnya proses yang dirasakan mahasiswa saat kuliah dan hal itu berperan penting sebelum terjun ke dunia masyarakat membuat banyak orang gigih berusaha untuk dapat kuliah.

Kendala yang muncul adalah biaya kuliah tidaklah murah. Berbeda jauh dengan pendidikan di tingkat menengah. Ada subisisdi dari pemerintah untuk sekolah negeri sehingga tidak perlu membayar SPP namun kampus negeri tidak seperti itu. Meskipun kamu kuliah di kampus negeri tetap ada biaya yang haru dikeluarkan, apalagi untuk praktikum dan sebagainya.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Namun jangan gentar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh agar kamu bisa membayar biaya kuliahmu sendiri. Ada 4 cara berikut yang bisa kamu terapkan.

1.Beasiswa Bagi yang Membutuhkan

Beasiswa selalu ada, tinggal bagaimana kamu mencari peluang dan berusaha untuk mendapatkannya. Beasiswa biasanya dibagi jadi 2 macam, beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu, kamu bisa memilih sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Rajinlah mencari informasi di kampus mengenai info beasiswa. Dan ingat, jika sudah atau akan mengajukan beasiswa sebaiknya kamu juga serius kuliah dan memperolek IPK yang tinggi.  

Baca juga: 10 Universitas Negeri dan Swasta di Bandung serta Jurusannya

2.Perusahaan Swasta yang Menawarkan Beasiswa

Selain dari pemerintah ada juga beasiswa yang diberikan oleh perusahaan swasta. Saat sebuah perusahaan tumbuh besar biasanya mereka ada dana yang dialokasikan untuk CSR atau Coorporate Social Responsibilty salah satunya adalah beasiswa.

Tidak seperti beasiswadari pemerintah, ada syarat-syarat khsusus untuk mendapatkan beasiswa dari perusahaan swasta, salah satunya adalah kamu harus membuat proposal untuk menjelaskan mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Selain akademis, aspek-aspek lain seperti keaktifan mahasiswa di kampus serta pengalaman organisasi juga menjadi pertimbangan.

3.Bantuan Pinjaman Dana

Sumber dana lain yang bisa kamu gunakan untuk membayar uang kuliah adalah berupa pinjaman dana. Namanya juga pinjaman tentu harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu.

Pinjaman dana itu bisa diajukan di bank, koperasi, atau lembaga keuanga lainnya. Tujuan dari pinjaman tersebut adalah untuk pendidikan. Biasanya, orangtua dari calon mahasiswa yang menempuh cara ini untuk membiayai kuliah anaknya. Namun, ada baiknya cara ini digunakan sebagai opsi terakhir karena pinjaman selalu membutuhkan jaminan berupa aset atau surat penting. Selain itu, ada bunga yang menyertai pinjaman pokok yang terkadang memberatkan.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

4.Bekerja Paruh Waktu

Nah, daripada harus menggunakan dana pinjaman untuk membiayai kuliahmu, mengapa tidak bekerja saja sambil kuliah?

Bukan hal yang susah, saat ini banyak kampus yang membuka kelas untuk mahasiswa yang mau kuliah sambil bisnis, kuliah sambil kerja, atau kuliah sambil jadi pengusaha.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja paruh waktu yang bisanya diisi oleh mahasiswa. Kamu bisa bekerja sebagai marketing properti, menjadi pengajar privat, menerima jasa desain, menerima jasa fotografi, bekerja di kafe, apapun yang sesuai kemampuan kamu.

Pastikan bahwa pekerjaanmu tidak menganggu aktivitas kuliahmu. Kuliah tetap prioritas utama. Selain itu, carilah kampus yang mendukung mahasiswanya untuk kuliah sambil bisnis atau kuliah sambil kerja. Salah satunya adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA).

UNMAHA terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA.(sn)

Baca juga: Mau Kuliah Arsitektur? Inilah Mata Kuliah Jurusan Arsitektur di UNMAHA

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.