Berita Nasional Terpercaya

5 Sebab Bisnis Startup Gagal, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya

0

 

Bernas.id ? Sebutan bisnis stratup ditujukan untuk bisnis yang baru saja didirikan. Apapun bidangnya, bisnis stratup biasany aerat kaitannya dengan kemajuan teknologi karena beroperasi dengan menggunakan website dan pemasarannya dilakukan secara digital.

Peran teknologi dalam bisnis stratup pun sangat pentin hal ini dilihat dari banyaknya promosi mengenai bisnis yang ada di internet.

Jika kamu ingin membangun sebuah stratup bisnis jangan melakukannya hanya karena sekedar ikut-ikutan. Pastikan kamu mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini agar tidak gagal di tengah jalan.

Berikut ini adalah sebab-sebab bisnis stratup gagal di tengah jalan.

1.Tidak Paham Kebutuhan Pasar

Banyak yang menyarankan agar kita berbisnis sesuatu yang paling kita sukai. Saran tersebut ada benarnya tapi tidak bisa semata-mata bisa diterapkan begitu saja. Bisnis yang sejalan dengan hobi memang menyenangkan tapi kamu juga harus memperhatikan kebutuhan pasar. Bisnis yang akan bertahan adalah bisnis yang selalu dapat menjawab kebutuhan pasar

Cobalah untuk memahami apa sebenarnya yang sedang diinginkan konsumen. Pelajari masalah yang ada dan temukan solusinya.

2.Buta Cashflow

Untuk bisnis yang baru dimulai wajar saja jika cashflow nya belum lancar. Namun, kamu jangan berlarut-larut dalam hal itu karena kekosongan kas bisa menjadi kendala serius dalam bisnis startup kamu.

Di awal bisnis banyak keperluan yang harus kamu beli oleh karena itu manajemen keuangan bisnis harus kamu perhatikan.

Jangan sampai kegagalan bisnis terjadi karena rendahnya kemampuan dalam membedakan kebutuhan dan keinginan. Baik bisnis dengan dana sendiri maupun didanai pihak lain tentunya kamu harus memastikan bahwa pengeluaran dan pemasukan dalam keadaan seimbang.

3. Minim Kerja Sama Tim 

Jika kamu ingin berjalan cepat maka berjalanlah sendiri, jika ingin berjalan jauh maka berjalanlah bersama-sama. Sudah pernah membaca pepatah itu kan? Demikian juga dalam menjalankan bisnis stratup. Kamu membutuhka tim yang solid dan mampu diajak bekerja sama jika ingin bisnismu bertahan.

Ajaklah orang yang kompeten dan memiliki visi dan misi yang sama dengan kamu. Oleh karena itu, yang kamu cari bukanlah orang yang mau bekerja kepadamu tapi orang yang mau bekerja denganmu.

4. Tidak Bijak Ambil Keputusan

Dalam menjalani apapun di dalam kehidupan ini kita akan selalu dihadapkan kepada pilihan-pilihan. Segala pilihan tentu akan ada konsekuensinya demikian juga keputusan bisnis. Bisa jadi sebuah ide yang sangat bagus di atas kertas menjadi berantakan karena salah eksekusi. Oleh karena itu, selalu pertimbangkan secara matang segala hal sebelum diputuskan. Ajaklah tim kamu untuk berdiskusi.

5.Takut Melakukan Perubahan

Konsep bisnis lima tahun lalu bisa jadi menjadi usang di masa sekarang. Konsep bisnis stratup yang dibangun sejak awal bisa jadi tidak bisa digunakan terus-menerus. Ada saat konsep tersebut harus diperbarui menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.

Dibutuhkan kebulatan tekad saat harus mengubah konsep bisnis.  Jangan melakukannya dengan setengah hati dan dengan keragu-raguan. Hal tersebut justru akan membuat kamu tidak maksimal dalam melakukannya.

Itulah 5 kegagalan yang sering terjadi dalam bisnis stratup. Terus latihlah kemampuan bisnis kamu terutama dalam bidang digital marketing. Kamu bisa belajar lewat https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing . Di situ kamu akan dilatih untuk meningkatkan income hingga belasan juta rupiah. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.