Berita Nasional Terpercaya

Ayo Kuliah, Ini 7 Manfaat Menuntut Ilmu Sampai Perguruan Tinggi

0

 

Bernas.id – Pendidikan Pekerjaan apa yang akan kamu lakukan kelak tentu ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan. Meskipun banyak orang tidak tamat kuliah tapi bisa jadi pengusaha besar atau hanya tamatan SMA tapi menjadi menteri, jangan terburu membandingkan dirimua dengan beliau. Ada kerja keras dan perjuangan luar biasa yang dilakukan hingga beberapa tokoh tersebut menempati posisinya sekarang sedangkan kamu? Siapkah kamu menempuh apa yang mereka tempuh?

Salah satu cara agar kita memiliki ilmu dan keterampilan adalah lewat pendidikan formal. Kelebihan dari pendidikan formal adalah ada legalitas berupa ijazah bahwa kita ahli dalam ilmu tersebut atau minimal pernah belajar bidang tersebut.

Ilmu yang spesifik itu terdapat di bangku kuliah. Jurusan atau program studi kuliah sudah sangat spesifik dan siap menjadikan kita tenaga-tenaga ahli yang dibutuhkan perusahaan atau siapa pun di luar sana.

Meskipun masih ada yang beranggapan bahwa pendidikan bukan jaminan kesuksesan, setidaknya simaklah 7 manfaat menuntut ilmu sampai perguruan tinggi berikut. Semoga setelah ini kamu akan semakin semangat untuk kuliah.

1.Potensi Punya Penghasilan yang Lebih Besar

Sebuah perusahaan biasanya memiliki standar gaji karyawan berdasarkan ijazah dan pengalaman kerja. Dengan memiliki ijazah perguruan tinggi maka stabdar gaji kamu akan lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan SMA atau D3. Setelah itu baru diikuti oleh pengalaan kerja atau jabatan yang mempengaruhi besaran gaji.

Selain itu, saat ini hampir semua perusahaan memiliki program Management Development Program (MDP) yang mengharuskan kamu untuk lulus dari perguruan tinggi agar bisa mengikuti program ini.

Nah, buat yang belum kuliah biasanya akan diminta untuk melanjutkan pendidikannya dan menjalani kuliah sambil bekerja.

2.Perusahaan Lebih Banyak Tertarik

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika sebuah lamaran pekerjaan sampai ke meja HRD yang pertama kali dilihat adalah ijazah terakhir. Setelah itu, baru biodata kamu akan dibaca dengan detail.

Manfaat kuliah tidak hanya untuk mendapat gelar akademis tapi kamu juga akan mendapatkan kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah, berogranisasi, telah menjalani syarat lulusan, dan memiliki keterampilan spesifik yang didapatkan di perguruan tinggi. 

3.Manfaat Diri Pribadi dan Keluarga

Untuk diri pribadi, jelas kamu akan mendapakan banyak manfaat dengan menuntut ilmu hingga perguruan tinggi. Selain itu, tentu saja keluarga terutama orangtua akan merasakan manfaat yang tak terhingga. Banyak orangtua masih yakin bahwa untuk mengubah nasib keluarga adalah melalui pendidikan.

Mereka pun kemudian berjuang agar anak-anak mereka bisa kuliah agar nanti memiliki masa depan cerah dan mengangkat harkat mertabat keluarga. Pada akhirnya, manfaat kuliah bisa mengurangi tingkat kemiskinan dan memperbaiki status sosial masyarakat.

4.Memiliki Pengetahuan dan Keterampilan yang Bermanfaat

Jika kamu serius belajar, rajin mengerjakan tugas, dan sungguh-sungguh menjalani semua proses perkuliahan hingga lulus maka kamu bisa menjadi ahli di bidangmu. Kamu akan lulus tidak sekedar mendapatkan gelar dan ijazah tapi lulus dengan cemerlang karena benar-benar ahli dalam ilmu yang kamu pelajari.

Dengan memiliki pengetahuan demikian maka keterampilanmu pun tidak akan diragukan. Kamu akan mampu bersaing mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar bahkan multinasional. Perusahaan besar akan selalu mencari bibit unggul.

5.Punya Jenjang Karir yang Lebih Baik

Peluang kerja yang akan didapatkan oleh seorang lulusan perguruan tinggi akan lebih baik daripada mereka yang tidak memiliki gelar.

Peluang kerja yang lebih baik memungkinkan kamu bisa mendapatkan penghasilan dan karir yang lebih baik. Ini merupakan manfaat kuliah yang dapat anda rasakan ketika kamu lulus dan bersiap menghadapi dunia kerja.

6.Stabilitas Pekerjaan Kuat

Hidup tidak selamanya mulus. Seringkali ada goncangan ekonomi yang berpengaruh pada perusahaan termasuk perusahaan besar. Saar kondisi keuangan perusahaan memburuk maka langkah yang harus diambil adalah PHK karyawan.

Saat perusahaan melakukan PHK maka akan ada seleksi dan evaluasi, karyawan mana yang dipertahkan mana yang tidak. Biasanya, karyawan kurang terampil dan kurang produktif akan jadi sasaran PHK.

Manfaat kuliah yang kamu rasakan dalam situasi ini adalah lulusan perguruan tinggi cenderung memiliki keterampilan spesifik yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan stabilitas dalam pekerjaan.

7.Manfaat Untuk Generasi Penerus

Yah, meskipun saat ini kamu belum berpikir untuk menikah dan memiliki anak, manfaat kuliah kelak akan dirasakan oleh generasi penerus kamu. Pendidikan tinggi yang kamu dapatkan akan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga terutama anak-anak. Orang tua yang berpendidikan tinggi akan lebih baik secara sosial dan ekonomi dan berpengaruh pada kesejahtaraan anak-anak.

Jika pertimbangan kamu untuk melanjutkan kuliah adalah persoalan biaya saat ini ada kampus yang memberikan kemudahan dalam hal biaya pendidikan. Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) menggelar program beasiswa. UNMAHA terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.