Berita Nasional Terpercaya

Naluri Anak Suka Bermain, Ketua DPR Sarankan Pembukaan Sekolah Tunggu Pandemi Terkendali

0

BERNAS.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani meminta Pemerintah RI mendengar masukan dari pemangku pendidikan, yaitu para pendidik, orangtua, maupun organisasi pendidikan sebelum membuka kembali sekolah pada era new normal. 

“Penyelenggaraan pendidikan di tengah Pandemi Covid-19 perlu dikelola dengan baik agar tidak berdampak pada kesehatan anak-anak kita, para generasi muda kita,” ungkap Puan di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Pihaknya mengingatkan supaya nantinya pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah harus dilaksanakan secara lebih ketat daripada tempat umum lainnya. Apalagi anak-anak memiliki naluri bermain. Ia menekankan agar pelaksanaan new normal di sekolah dilakukan secara berhati-hati ataupun menunggu hingga keadaan pandemi Covid-19 sudah terkendali. 

“Dan tentu saja protokol kesehatan new normal untuk sekolah sangat berbeda dengan protokol untuk mal, perkantoran dan tempat publik lain. Apalagi untuk sekolah-sekolah PAUD di mana anak-anaknya masih kecil, naluri untuk bermain bersama teman-temannya sangat besar,” sambungnya. 

Adaptasi 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meminta agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa beradaptasi dengan kerja baru dalam tatanan new normal akan tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. 

“Pengertian kerja baru itu adalah mengoptimalkan layanan masyarakat dalam berbagai sektor. Selain itu, meningkatkan kinerja dari seluruh ASN yang ada di bawah kepemimpinan kepala lembaga pusat maupun daerah,” ungkap Tjahjo, usai menggelar upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Disampaikan Tjahjo, pada prinsipnya semua harus bekerja, baik yang melayani kepentingan publik maupun hadir pada instansi yang ada. Soal bekerja di kantor ataupun bekerja dari rumah (work from home), mekanismenya diserahkan kepada pimpinan pusat maupun daerah sesuai dengan aturan yang berlaku. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.