Berita Nasional Terpercaya

Jika Ingin Bisnis, Haruskah Kuliah Dulu? Ini Jawabannya!

0

 

Bernas.id ? Saat seseorang memutuskan ingin memulai bisnis haruskah ia sekolah dulu hingga jenjang perguruan tinggi? Apakah untuk menjadi seorang pebisnis memang dibutuhkan ilmu mumpuni yang hanya bisa dicapai dengan kuliah?

Berbisnis memang tidak sekadar ?jualan.? Dibutuhkan mental yang kuat, analisa yang tpat, perhitungan matang, dan serta strategi agar bisnis bisa terus jalan dan bertahan. Banyak orang bilang bahwa hal-hal seperti itu dipelajarinya saat kuliah.

Mau kuliah dulu atau tidak, sah saja jika ingin memulai bisnis. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.

1. Apakah kamu Punya Semangat Kewirausahaan yang Tinggi?

Membuat perusahaan sendiri sangat berbeda dengan bekerja di kantor. Sebelum memulai bisnis, pastikan kamu tahu apa yang akan dilakukan.

Jika motivasi kamu begitu tinggi dan kamu merasa miliki bekal ilmu dasar cukup dan siap belajar bisnis sambil menjalaninya maka mulailah dan jangan ragu. Tapi, jika kamu merasa belum siap 100% dan masih ada ragu-ragu di dalam hati, sebaiknya kamu pikirkan ulang kembali.

2. Apakah Kamu Punya Semangat dan Kesabaran yang Tinggi?

Mungkin saat ini kamu adalah mahasiswa yang memiliki ide cemerlang dan tak sabar untuk segera mewujudkannya. Daripada menunggu lulus dulu baru memulai bisnis , tentu membutuhkan waktu lama. Dengan bekal semangat dan kesabaran tinggi kamu langsung saja mulai.

Selain itu, memang ada ide yang membutuhkan moment yang tepat.  Contoh, kamu hobi memasak dan saat ini sedang tren makanan serba peda. Jika kamu menunggu hingga sekolah selesai beberapa tahun lagi, mungkin saja makanan serba pedasa sudah tidak lagi menjadi tren.

3. Apakah Kamu Sudahkah Menguji Idemu?

Kuliah dan bisnis bisa jalan bersinergi. Menjadi Pengusaha sejak mahasiswa, kenapa tidak? Namun harus diakui, tidak ada bisnis yang tanpa risiko. Sebaiknya, tetap jalani bisnis dan kuliahmu dengan seimbang. Kalaupun bisnis kamu terpaksa jatuh, kuliahmu masih baik-baik saja. Kamu bisa memperbaiki kesalahan dan membangun kembali bisnismu.

Selain itu, lingkungan kampus akan sangat membantumu saat menjalankan bisnis. Kamu bisa konsultasi dengan dosen, memberikan tester produk pada teman dan minta mereka memberi masukan, dan kamu juga bisa menjual produk ke staff kampus. Mereka pasti akan dengan senang hati melakukannya.


4. Kondisi Keuangan Kamu Saat Ini

Menjalani bisnis sambil kuliah artinya kamu melakukan dua hal yang berkebalikan. Saat melakukan bisnis kamu mendapat uang tapi sat kuliah kamu mengeluarkan uang untuk biaya pendidikan. Namun, kamu harus menyadri bahwa perguruan tinggi adalah salah satu bentuk investasi. Ilmu dan pengalaman yang didapat tidak bisa ditukar dengan apapun.

Maka, kamu perlu tahu tentang kondisi keuangan kamu. Kamu perlu menghitung pengeluaran, membuat anggaran, dan merencanakan jadwal sebelum memutuskan menjalani kuliah dulu, bisnis dulu, atau keduanya.

Terkadang, banyak mahasiswa tetap berkuliah dan bekerja di industri yang mereka suka selama beberapa tahun. Dengan demikian, mereka bisa mengumpulkan uang demi memulai perjalanan bisnis mereka. Ada pula yang menjalani kuliah sambil sekaligus memulai bisnis mereka. Keputusan ada di tangan kamu.

Salah satu kampus yang mendukung mahasiswanya untuk memiliki bisnis sejak kuliah adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan

Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.